Me Time dengan Film India

film-india

Ceritanya dari kemarin itu saya agak riweh soalnya masih ada aja kerjaan yang belum diselesaikan. Tapi yang namanya kerjaan pasti tidak akan beres. Mending dibawa santai aja seperti tante Syahrini bilang “hempas datang lagi, hempas datang lagi” jadi ‘gak akan stress. Akhirnya disela-sela keriwehan, saya menyempatkan beberapa jam untuk me time. Me timenya kali ini bukan nonton di bioskop atau ngeblog, cukup ngabisin stok film aja yang ada di hard disk external. Dan kali ini film India jadi pilihan saya untuk me time dalam waktu yang cukup optimal.

Wait a minute, film India Ev? Gak salah?

Enggak atuh, emang kenapa dengan film India, film India juga bagus-bagus kok. Walaupun saya penyuka film action dan science fiction bukan berarti ‘gak suka sama yang drama lho. Buktinya saya suka Dorama atau Korama, India apalagi hehe. Sekarang saya buat nih ya listnya mengapa film India bisa menemani waktu santai untuk me time:

Alur ceritanya oke

Ada alur cerita yang maju mundur cantik, eh maksudnya alur maju terus mundur lagi lalu maju lagi. Kemudian juga ada kisah masa lalu dan ada juga kisah masa depan. Ada beberapa film India yang saya suka yaitu Ghajini yang diperankan oleh Aamiir Khan, kalau film keluaran Beliau sudah saya yakini pasti bagus. Film ini menggunakan alur maju-mundur-maju karena berkisah tentang seseorang yang kehilangan ingatan dan berusaha mengingatnya kembali. Terus ada juga yang berjudul Bachna Ae Haseeno yang menggunakan alur maju-munur-maju juga dan Student of The Year yang lebih banyak menggunakan alur mundur.

film-india

Salah satu adegan di Yeh Jawaani Hai Deewani sedang alur maju

Romantis

Film romantis tak hanya dimiliki oleh Korama aja lho, India juga ada yang romantis. Kadang puisinya bikin meleleh kalau tau artinya hehe. Seperti di Film Fanaa yang lagi-lagi dibintangi oleh Aamiir Khan (jangan-jangan tanpa sadar saya fansnya Beliau yak), di film tersebut ada beberapa kalimat yang bikin kelepek-kelepek deh, makanya saya inget banget sama film ini walau akhirnya ‘gak happy ending. Contohnya dialog berikut ini nih (filmyquotes.com):

“Humse door jaoge kaise, dil se hum mein bhulaoge kaise, hum woh khushboo hai joh saason mein bastein hai, khud ki saason ko rok paoge kaise”

“How can you stay away from me and go, how can your heart forget me, I am that fragrance which lives in the breath, how will you stop your breath”

Fanaa Movie, Source: www.ibnlive.com

Totalitas

Bicara soal totalitas, film India ini ‘gak tanggung-tanggung. Masih ingatkan sama imagenya yang suka menari di bawah hujan? Ini lebih total lagi, selain diharuskan pandai menari, keterlibatan banyak penari lain juga termasuk ciri dari totalitas pembuatan film India. Tidak tanggung-tanggung, kadang juga melibatkan penari dari luar negeri atau proses pembuatannya yang harus beberapa lokasi padahal hanya untuk satu frame saja. Lokasinya juga tak hanya di India, bisa di dalam negeri ataupun di luar negeri. Bahkan di tempat yang kadang tidak terdeteksi oleh penonton seperti saya. Jadi pas nonton, itu dimana ya kira-kira?

film-india

adegan di film Ramaiya Vastavaiya, berapa orang model atau penari yg terlibat ya?

film-india

Adegan di film Chenai Express, banyak banget ya penarinya

Lokasi film memiliki pemandangan yang indah dan keren

Ini yang paling saya suka juga dari film India, lokasi pengambilan gambarnya mesti indah dan keren seperti di bukit, pegunungan, atau di pantai. Kadang saya jadi merasa ikut dalam film karena terkagum-kagum dengan tempat shootingnya. Ada beberapa lokasi yang saya ingat karena saljunya, yaitu di Manali India yang menjadi tempat shooting Yeh Jawaani Hai Deewani. Terus ada juga lokasi shooting untuk film Bachna Ae Haseeno yang berlokasi di Swiss dan di sebuah pantai yang saya tak tau dimana. Sepertinya di Italy ya lokasinya, kalau tidak salah sih.

film-india

Lokasi film Ghajini, ini dimana ya lokasinya?

film-india

adegan di film Yeh Jawani Hai Deewani, lokasinya di Manali, cakep banget ya

Cara pengambilan gambar yang apik

Saya sudah pernah belajar mengenai teknik pengambilan gambar video agar tidak monoton. Ternyata itu tidak mudah lho karena tetap dihubungkan dengan imajinasi. Apalagi film Indianya sekarang sudah dilengkapi dengan teknik pencahayaan laser yang keren atau menggunakan semacam pesawat drone untuk pengambilan gambar dari atas dan melebar. Pokoknya keren deh!.

film-india

adegan film Ghajini, diambil dari atas

Wajah actor dan actressnya bikin seger

Ya ini juga lah cara paling bikin seger kalau lagi mumet. Lihat aja wajah actor dan aktris yang seger-seger hehe. Wajah yang tampang dan cantik, serta bentuk tubuh yang ideal bikin enak dipandang. Yakin deh mumet langsung hilang. Siapa actor atau artis India kesukaan teman-teman? Kalau saya suka sama Aamiir Khan tadi karena selain ganteng, dia juga pintar. Cocoklah sama tokoh ideal bayangan saya hehe.

film-india

Aamiir Khan, aktor India yang tetap energik dan ganteng meski sudah berumur

film-india

Silahkan dipandang hehe

Lagu dan tariannya keren

Sudah tidak diragukan lagi kalau tarian dan lagu Indianya keren-keren. Melodinya itu lho, indah dan ngena di hati. Saya termasuk yang menyukai beberapa lagu India, contohnya seperti lagu yang ada di film Kuch-Kuch Hota Hai, Besharam, Yeh Jawaani Hai Deewani, Ghajini, Student of The Year dan lain-lain. Dari semua itu, lagu Guzaarish dari film Ghajini yang saat ini sedang saya sukai dan diputar berulang kali. Berikut cuplikan videonya:

Ceritanya Dramatis

Cerita di film India ada yang bertema berat karena ada muatan politiknya, ada yang bertema ringan seperti Tare Zaamen Par yang bertema tentang anak-anak dengan sifat yang spesial atau cerita dramatis yang tidak happy ending tapi ngena di hati semacam Dil Se atau Fanaa. Untuk film yang dramatis biasanya akan saya puter berulang-ulang karena penasaran, bahkan saya sampai menghayal sendiri supaya yang tadinya tidak happy ending jadi happy ending deh.

film-india

Salah satu adegan di Bachna Ae Haseeno

Saya belum update film India lagi nih, stok di rumah masih tahun lama tapi tetap asik untuk ditonton. Nah sekarang gentian sama teman-teman, film India apa yang disukai? Siapa tau jadi bahan referensi saya untuk menonton film tersebut.

Ya sudah kalau begitu saya mau melanjutkan me time lagi ya, masih ada film India lain yang ingin saya tonton soalnya. See you!.

74 Comments

  1. Reply

    Memang sih kalo mikirin pekerjaan melulu gak akan habis2nya ya Mba.. Kudu menyisihkan me time.. Btw, suka film India juga ya? Kalo aku suka banget film Kuch Kuch yang fenomenal itu sampe2 beli VCD-nya, hehe..

  2. Meutia mansur

    Reply

    Aku juga suka film india. Mereka ada perkampungan yg khusus dibikin syuting coba perhatikan di film chenai express perkampungan yg latarnya gunung itu tapi ada juga yg shoot di tmpat asli lngsung. India dalam sebulan bisa memproduksi beribu2 film.

  3. Neng Nunung

    Reply

    Huwaaaa…. Nonton film India juga heheheh…
    Suka banget cara mainin emosi penontonnya…

  4. momtraveler

    Reply

    Kirain mak Ev cuma penggemar garia keras Drakor ternyata India juga ya. Emang sih ada beberapa film India yg ceritanya bagua banget xuma kl yg model sinetron aku ga suka

  5. Ade anita

    Reply

    Iya bener..aku juga suka film India krn konfliknya kompleks. Cuma kadang suka kasar berantemnya. Jadi mulai ngelirik korea deh.
    But…bener..lokasinya itu selalu keren. India punya daerah gurun sekaligus salju..gunung sekaligus pantai. Luar biasa

  6. Reply

    Baru tahu klo mb Ev salahsatu maniak film india hheee..
    Emang ga diragukan lagi klo tarian, video yg apik, nyanyian, dramatis , aktor dan aktris. Semwriwing untuk film india ya mbk hhhee

  7. Pakde Cholik

    Reply

    Saya 11 bulan menikmati film India dan kesenian2 lainnya
    Maklum sedang sekolah di sana
    Film India itu penggarapannya serius dan sering bkolosal loch
    Kalau ada lagu maka penarinya juga banyak
    Salam hangat dari Surabaya

  8. Rosanna Simanjuntak

    Reply

    Dulu waktu SMP dan SMA film India adalah teman sambil setrika.
    Film India yang terakhir aku tonton Kuch Kuch Hot Tahai..
    Aku lebih menyukai film Hollywood, genre thriller/drama
    Apalagi yang spionase… mantap daaa ~_*
    Tapi, masih mau nonton kog,,,

  9. Reply

    Film India yang paling berkesan buatku tetep Kuch-Kuch Hotta Hai. Nangis bombay gara-gara film ini Ev. Semua yang disebut di marih belom pernah nonton euy. Hihihi. Btw beberapa filmnya Amir Khan yang kutonton emang bagus kok. Sekarang kan Bollywood dah ngalahin Hollywood dalam hal jumlah film yang diproduksi.

  10. rahmiaziza

    Reply

    Aku ketularan mbakku suka India. Sekarang suka nonton Uttaran. Sebenarnya ngga suka sih, kesel gemes, alurnya lambat kadang jengkelin, tapi kok ya penasaran, makanya suka nonton hahaha.

  11. Reply

    Ghajini dari cerita bagus. Penasarannya dapet, romantisnya dapet. Tapi bajunya Aamir Khan itu bikin geli. Berasa pengen banget gitu ya nonjolin macho-nya dia.

    Suka Aamir Khan? Udah nonton filmnya yang Pk? Lucu, tapi kontroversial ide ceritanya.

  12. Reply

    Toss Mba’, aku juga India Lover, baru-baru ini aku abis nonton film Drishyam, pemeran utamanya Ajay Devgan, kisah tentang seorang ayah yang melakukan segala trik untuk menyelamatkan putrinya yang sudah membunuh dari tuntutan polisi, alurnya seru, bikin kita nebak-nebak sendiri saking penasarannya. ?

  13. Reply

    iya memang dunia perfilman bollywood sudah tidak diragukan lagi keren banget ,saya juga salah satu pecintanya mbk hehe
    Kalo saya lebih suka genre komedi romantis seperti film hasse toh pashee

  14. Fanny f nila

    Reply

    kalo film india jaman2 dulu aku kurang suka tuh mba… krn lebay dan ga masuk akal ;p.. polisi yg slalu dtg telat lah, jagoan yg dipukulin trs tp ga mati2… mana aktornya mukanya ga oke bgt :D..

    tp sjk era kuch2 hota he ke atas, baru deh aku mulai suka, krn selain aktor dan aktris yg cantik dan cakep, ceritanya juga mulai oke 😀

  15. Reply

    nah, kalau lokasi filmnya yang cuakep-cuakep saya juga suka. Kalau cerita seringkali terlalu senada seirama mudah ditebak itu yang bikin males nonton. Dua tahun lalu nyobain chennai express yang katanya terlaris itu, ternyata nggak menarik (buat saya)

  16. Reply

    Daripada nonton drakor saya mendingan nonyon setumpukan nonton India tahun 90an.. Dan sampe sekarang selalu mendambakan kisah cinta kayak di film India, gak realistis, menang dramatis

  17. Reply

    Saya juga suka nonton india mak. Tadi sore juga baru nonton india di tv. Hehe. Kalo aktor sy suka hrithrik roshan n srk. Kalo film yg berkesan my name is khan sama film2nya aamir khan kaya 3 idiot dll. Ide2 aamir out of the box

  18. Reply

    Udah lamaa bngt nggak pernah liat film india. Terakhir…jaman dulu..pas masih ada tipi bernama TPi. Nggak sukanya krn film india itu durasinya lamaa…lebih dari dua jam. Trus klo ada protagonis, dianya jahat bgt! Ekstrim jahatnya. Trus, paling nggak suka krn dikit2 nyanyi…seneng nyanyi, sedih nyanyi…dan itu yang bikin cerita nggak rampung2. Eh..film india skrng msh kayak gitu nggak sih?

  19. Anis Hidayah

    Reply

    Wah pemandangannya ituloh, sama mbak penasarannya 🙂 dari dulu sampai sekarang tahunya lagu india pun Kuch – kuch hota hai aja, hehehe,,, Artis India yang bikin seger ya Kajol mbak, bagiku, hehehehe…. Tapi sayang udah punya suami 🙂 , jadi kesempatan tertutup dah, hahahaha

  20. Reply

    Saya gak sabar kalao liat film India hehehe
    Nyanyi sama jogetnya lama,
    alhasil cuma kuch kuch hot hatai yang saya hapal judul (meski juga belum liat tuntas)
    sukses selalu mbak Evrina 🙂

  21. Reply

    Saya juga suka film India mbak Ev, apalagi waktu booming kuch kuch hota hai hehe. Salah satu yang bikin suka mereka membuat tariannya secara kolosal dengan musik rancak dan semua bisa kompak, itu latihannya berapa lama ya mbak? 🙂

  22. Reply

    Paling suka lihat film india itu serba warna warni nya itu buat mata segar. Mulai baju, background semua settingannya enak dilihat.

  23. Reply

    Film India buat saya sama kayak Drakor. Saya masih lempeng nontonnya. Feelnya belum dapet hihihi. Saya masih lebih suka film barat. Memang selera kembali ke masing-masing, ya. Tapi saya sepakat kalau menonton film adalah me time yang asik 🙂

  24. Reply

    saya sih pastinya penaksir berat shakhrukh khan..
    tentu saja suka juga dengan film bolywoodnya
    mereka memang total sih klo bikin film ya blomlagi lokasinay yang bikin mupeng2

  25. Sofia Zhanzabila

    Reply

    Ah Mbak Ev ternyata oh ternyataa…. Aku dong penggemar berat India. Semua film India yang pernah masuk ke laptop, gak bakalan dihapus. Semua yang di atas udah pernah nonton kecuali yang Yeh Jawaani itu…. Ternyata Mbak Ev lebih banyak rekornya dibanding akuuu…

  26. Reply

    Mbak Ev, ada yg lucu terjadi pada diriku. Saya kan tidak begitu suka fiksi, termasuk film. Eh, sekarang ini lagi penasaran sama film Uttaran, yang main di AnTV. Ada salah satu alasan di atas yang saya kagumi dari Uttaran: totalitas akting pemainnya. Wuiih. itu wajah, bisa berubah2 dengan cepat ekspresinya dan saya nangkap sampe ikutan nangis kalo tokoh utamanya lagi teriris2 hatinya. Hahaha. Padahal sudah lama sekai lho saya gak nonton drama. Trus saya suka mengamati permainan psikologis para pemainnya, ckckck pintar deh yang buat filmnya. Cuma saya nontonnya gak juga sampe nonstop. Kan mainnya 3 jam tuh. Di antara 3 jam itu, saya masih bisa ngetik, bisa shalat. kemarin malah sempat tidur dan bangun lagi nyari kelanjutannya wkwkwk.

    • Reply

      ya ampun ternyata mbak niar yah demen drama India, kalo aku mah dramanya gak terlalu suka mbak, aku lebih suka filmnya, jadi cukup 3 jam aja buat nonton India

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.