Melepas Hibernasi Melalui Advance Class

asinan-bloggerHibernasi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi saya saat ini. Males abis, tidak ada soul untuk menulis blog. Ampun deh, biasanya saya bisa menghasilkan 15 postingan dalam sebulan, tapi bulan ini baru sembilan postingan dan itupun ngerjainnya maju mundur cantik. Tulisan terakhir berjudul Keseruan Piknik Fruitaholic Sunpride di Bogor saja baru selesai dikerjakan setelah tiga hari berlangsungnya acara. Padahal saya cenderung lebih senang menuliskan pada H+1 karena ingatan masih sangat fresh. Nah, kemarin itu rekor deh tiga hari baru menulis kembali.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hibernasi adalah keadaan istirahat atau tidur pada binatang selama musim dingin. Catat Ev, binatang lho ya bukan manusia. Lha kamu kok ikutan hibernasi juga tho Ev?!. Iya nih sudah saatnya bangkit, kembali semangat ngeblog, buang jauh-jauh rasa malasnya. Apalagi kamu banyak PR banget kan? Belum nyapu bersih broken link, belum memasang disclosure, belum membuat link NoFollow dan lain-lain.

Walaupun sadar, tetap saja rasa malas ini benar-benar menyerupai tupai yang hibernasi. Sampai akhirnya kemarin saya bertemu mereka di Fun Blogging Advance Class bersama Teh Ani Berta dan Asinan Blogger.

Di kelas itu saya sadar, saya sudah membuang-buang waktu memanjakan diri tetapi membuat sarang laba-laba tumbuh subur di blog selama ini. Kemana semangat ngeblog yang dulu? Kemana impian yang dulu ingin ditorehkan melalui tulisan Ev?.

Teh Ani sendiri mengatakan ketika sedang jenuh biarkan saja dulu. Bawa diri menikmati masa jenuh tersebut tapi jangan lama-lama karena akan bahaya juga. Tuh Ev inget jangan lama-lama hihi. Kamu udah kelamaan Ev.

Ada beberapa hal yang saya catat pada kelas siang itu. Kekuatan konten tetap yang utama, riset melalui penelusuran sumber pustaka ataupun penggalian informasi melalui wawancara perlu untuk dilakukan. Teh Ani selanjutnya mengatakan, dalam satu event yang kita datangi, kita bisa membuat lebih dari satu tulisan sehingga dapat mengisi konten di semua blog yang kita miliki. Jadi pada dasarnya kita tidak akan kehabisan ide asalkan bisa mengeksplorasi sejak sebelum mulai acara, behind the scenenya, saat berlangsungnya acara hingga pasca acara. Semua bisa ditulis dengan sudut pandang yang berbeda.

Ngeblog juga tidak melulu soal monetizing. Hal itu akan mengikuti apabila kita juga sudah memiliki great content yang tentunya bermanfaat bagi semuanya. Karena pada dasarnya ngeblog itu merupakan konsistensi sosial untuk orang lain dimana kita turut bertanggung jawab memberikan edukasi agar orang lain di sekitar kita turut maju bersama. Selain itu ngeblog juga sebagai sarana memberikan kontribusi pemikiran kepada masyarakat. Apabila semua itu dilakukan maka monetizing akan mengikuti.

Itu tadi garis besar pemaparan dari materi yang diberikan oleh Teh Ani. Saya tidak akan memberikan secara mendetail ya karena akan panjang nantinya. Sekarang kita beralih ke Asinan Blogger.

asinan-blogger

Namanya juga asinan, buahnya macam-macam, rasanya juga campur aduk. Ada rasa pedas, manis, asam namun menyegarkan apabila dipadukan. Itulah kami sekelompok blogger Bogor yang tergabung dalam Asinan Blogger. Asinan Blogger terbentuk pada tanggal 17 Maret 2015, itu artinya sudah satu tahun kami bersama dalam grup whatsapp.

Bertemu kembali dengan mereka kemarin kembali mengingatkan saya bahwa saya hidup dan tinggal di dunia blogging. I am not alone ketika menghadapi permasalahan atau sedang down semangatnya seperti kemarin. Saya banyak memperhatikan keceriaan teman-teman Asinan, mendengarkan aktivitas mereka dalam dunia blogging sehingga kembali menimbulkan kewarasan dalam diri bahwa apa yang saya alami adalah hal yang wajar. Apalagi saya dan teman-teman Asinan sepertinya senasib sepenanggungan, merasakan kesulitan memanage waktu agar kehidupan dunia nyata dengan dunia blogging dapat berjalan beriringan.

Acara kami berlangsung sukses kemarin. Bertempat di Rumah Mbak Iwed, kami bekerja sama membawa potluck untuk dinikmati secara bersama. Acara semakin seru karena ada transaksi Oppa ganteng sebelum acara dimulai. Apalagi Ibu Dosen dan Travel Blogger keren sekelas Mbak Donna mau mengadopsi oppa ganteng ke dalam hard disk externalnya. Selamat menikmati ya Mbak, hati-hati kena virusnya hihi.

Tak banyak yang ingin saya tuliskan, karena setelah masa hibernasi ini membuat saya kesulitan merangkai kata. Penyakit yang selalu saya temui ketika hendak menulis kembali setelah rehat beberapa lama. Tetapi yang pasti masa hibernasi itu perlahan mulai berakhir setelah kemarin dipompa semangatnya kembali pada kelas bersama Teh Ani dan teman-teman Asinan.

Disaat semangat sedang down, kita memag perlu bertemu dengan orang-orang yang penuh semangat agar kita juga bisa mendapatkan pengaruhnya. Terimakasih ya Teh Ani dan Asinan Blogger, you have made my spirit grow back again.

Diabadikan dalam pasang mata

50 Comments

  1. inna riana

    Reply

    semangaattt evvvv *ngomong ama diri sendiri juga*
    haduh aku masih bergelut dgn sakit kepala nihh… belun kepegang ngeblog :'(

  2. Reply

    Senang menjadi bagian dari Asinan Blogger dan mengenal blogger-blogger hebat termasuk kamu Ev.

    Tetap semangat berbagi dengan ngeblog ya adikku sayang

  3. Pingback: Membersihkan Blog | evRina shinOda

  4. fanny fristhika nila

    Reply

    wiiih udh banyak bgt itu 15 postingan dlm sebulan ;).. aku ga bisa deh mbak.. makanya targetku cuma nulis seminggu sekali… jd minimal sebulan 4 postingan :D.. Bikin target yang achieveable ajalah sesuai jadwalku ;D

  5. Reply

    Saya baru selesai edit about me sama bikin menu laman. Masih ada PR bikin disclosure dan hapus broken link.

    asinan blogger daebak iyeyo ๐Ÿ˜€

  6. Reply

    wih mantap mbak.. meski frekuensi menulis menurun tapi masih mantap dibanding saya yg sungguh2 makin susah cari wkt utk konsen merangkai kata.. tetap semangaat ๐Ÿ™‚

  7. Reply

    Setuju sama Teh Ani. Kalau lagi jenuh entah itu ngeblog atau ngesocmed…mending melipir minggir dulu ketimbang maksain tapi yang kita keluarkan ngga “kita” banget

  8. Reply

    Tutorial nofollow itu donk mba, yang mudah dan sederhana heheehe.. Malah request.. Tapi sekarang juga apa apa kalau ybs agak ‘tenggelam’ aka gak muncul or eksis di permukaan sosmed, langsung dibilang hibernasi ๐Ÿ˜€ apa apa hibernasi

  9. Reply

    Mau donk ikutan FB Anvanced Class. Tapi kayanya cuma diadain di Jakarta terus ya? Luar daerah juga donk, Teh. Eh, Teh Ani-nya sudah pulang. Hehehe.

    Salam kenal dari Pemalang, Mbak. ๐Ÿ™‚

  10. Allira

    Reply

    Mbak Ev, salam kenal ya.. Boleh nggak ikutan gabung di komunitas bloggernya? Saya juga di Bogor nih, pengen bisa punya temen sharing juga seputar blogging, dan mau ikutan kelas2nya yang informatif.. thanks ya!

    • Reply

      halo mbak Allira, ayo gabung aja, sebenernya gak ada syarat khusus nih, aku lagi tanya dulu ke admin ya, btw ikut komunita blogger bogor juga aja, twitternya namanya @bloggor dan @kelasbogor

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.