Mengenal Eni Martini, Sang Penulis Novel

duniaeni

Kali ini saya mereview seorang teman lagi, dan lagi-lagi dia seorang penulis. Meskipun karyanya sudah segambreng tapi teman saya ini tetap merendah bagaikan padi yang merunduk karena berisi. Dialah mbak Eni Martini pemilik blog di www.duniaeni.com. Silahkan kepoin blognya ya teman-teman.

Sebelum melihat blognya, saya sudah menebak pasti ada satu menu yang menggambarkan bahwa mbak Eni ini seorang penulis tulen. Dan benar saja kan, mbak Eni membuat sebuah kategori Cerpen dan Resensi di blog lifestylenya. Selain itu mbak Eni juga berbagi pengalaman tentang kehidupannya bersama keluarga. Kalau mau mencari tema parenting bisa banget ke blog ini.

O iya Mbak Eni ini ngeblognya belum lama lho, baru aktif sekitar empat bulan yang lalu. Informasi ini saya dapatkan dari tulisan Berkah Ngeblog, Yuk Ngeblog. Dua bulan tapi sudah banyak? apa sih mbak kuncinya?. Ini lho ada tips dari Mbak Eni yang saya rangkum dari tulisannya:

  1. Menulislah segala hal yang ada dipikiran, di sekitar atau sesuatu yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
  2. Rajin membaca buku agar kaya kosa kata
  3. Biasakan dapat bercerita 300-500 karakter
  4. Tulis sesuai keinginan jangan terpaksa
  5. Atur waktu dan disiplin untuk menulis

Nah itu kuncinya, pantesan mbak Eni bisa melahirkan karya segitu banyak plus mengelola OS buku, padahal dia memiliki batita dan dua orang anak seusia sekolah lho. Terbayang deh bagaimana repotnya, saya saja memiliki anak satu merasa waktu untuk menulis kurang sekali, ternyata kuncinya adalah management waktu serta disiplin. Terimakasih Mbak Eni atas informasinya.

O iya menurut mbak Eni, untuk menghasilkan sebuah novel itu tidak susah sebenarnya. Dia mengatakan sebenarnya tidak terlalu banyak teknik khusus, pada dasarnya Mbak Eni senang membaca dan mencintai buku sehingga tiba-tiba saja tulisannya sudah banyak dan menjadi novel. Saya pernah merasakan seperti itu juga, kalau kita focus menulis, tiba-tiba tulisan kita sudah banyak hingga beberapa halaman. Nah tinggal nanti pemilihan diksinya, yang ini sepertinya harus berguru sama mbak Eni.

Sekarang kita lihat deretan karya milik Mbak Eni ini. Ternyata ada kurang lebih 23 buku, yang salah satunya sudah di filmkan oleh Mplus pada tahun 2010. Wah keren banget, itu pasti sebuah kebanggan tersendiri, tulisan kita difilmkan. Saya kanap ya bisa begitu? Wong nulis saja belum hehe. Nah, ini beberapa judul buku yang ditulis oleh mbak Eni yaitu Toilet 105, Soul Travel in Baduy, Relasi Kata Tanpa Cinta, Sekreatris Dodol Mencari Cinta, Bersandarlah di Baku Ku, Rainbow dan lain-lain.

Banyak sekali karya yang dihasilkan oleh Mbak Eni ini. Terimakasih ya Mbak Eni sudah sharing pengalamannya dan berbagi ilmu tentang pengalamannya menulis. Saya masih harus banyak belajar lagi nih. Paling tidak semangat untuk menulis blognya harus terpelihara, seperti yang Mbak Eni katakan: ayo ngeblog!. Saya nulis blog dulu deh kalau begitu hehe.

25 Comments

  1. momtraveler

    Reply

    23 buku keren ya? Aku jg suka baca cerpen2nya mbak eni.bagus2 ๐Ÿ™‚

  2. Desy Yusnita

    Reply

    Menulis tidak bisa dipaksakan dan menulis apa saja yang kita mau. Setuju aku setuju….

  3. Levina Mandalagiri

    Reply

    Keren ya, sudah 23 buku. Saya mah baru angan-angan. Hihihi.

  4. Amri Evianti

    Reply

    Tulis apa yang ada dipikiran, ini yang kadang waktu yang disalahin gara-gara nggakk
    nulis. semakin harus banyak belajar dan membaca nih.

  5. Reply

    Luar biasa nih, udah 23 buku yang ditulis…. Top markotop ๐Ÿ™‚ salam kenal mbak Eni dariku @kakdidik13 | Blogger Bojonegoro

  6. Reply

    salam kenal juga yaaa
    makasih mab Evrina
    semangat nulis dunk, kalau cuma ditaruh diangan..bakal dibawa terbang si ‘LUPA’ heheheh

  7. Pingback: [Review Sahabat] Mengenal Irawati Hamid, Blogger dari Bau-Bau - Evrina Budiastuti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.