[Review Sahabat] Mengenal Irawati Hamid, Blogger dari Bau-Bau




irawati-hamid

Hai teman-teman, jumpe lagi dengan postingan khusus tentang review sahabat. Sahabat yang akan saya review kali  ini bernama Mbak Irawati Hamid yang merupakan seorang blogger dari Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Semoga someday saya bisa ke sana setelah mereview Mbak Ira, aamiin *ada maunya ternyata ya Ev. Sebelum mewawancarai Mbak Ira, seperti biasa saya sengaja meng-kepo dulu di blognya yang memiliki tag line “wadah untuk menuangkan pikiran dan rasa dalam kata”. Sepintas kalau saya sedikit menerawang, Mbak Ira ini orangnya kalem, memiliki blog dengan niche life style, penyuka film india, sederhana dan ‘gak neko-neko. Benar apa ‘enggak ya? lebih baik kita gali lebih dalam lagi dengan mewawancari Mbak Ira secara langsung.

O iya, sebelum menggali lebih dalam, saya juga sudah menuliskan beberapa review mengenai teman blogger lainnya berikut ini:

Baca juga: Inspirasi Menulis dari Tamanrahasiacha.com

Baca juga:  Mengenal Eni Martini, Sang Penulis Novel

Baca juga: Mengenal Ernawatililys

Baca juga: Mengenal Jiah Al-Jafara

Pertanyaan pertama yang saya berikan kepada Mbak Ira adalah mengenai pilihan niche blognya. Menurut saya niche blog milik Mbak Ira adalah lifestyle. Kira-kira kenapa ya Mbak Ira memilih tema tersebut?

“Iya Mba Ev, blog saya temanya lifestyle. Mengapa pilih lifestyle? Karena menurut saya tema inilah yang paling gampang, luas dan tak terbatas, hehe. Saya bisa menuliskan tentang apa saja dan berbagi cerita tentang apapun”.

Oh begitu, jadi sebenarnya Mbak Ira ini pada awalnya tidak tahu apa itu niche blog. Dia hanya ingin menuliskan semua hal yang dirasakan dengan niat untuk berbagi cerita kepada teman-teman. Ternyata dengan semakin berkembangnya dunia blog, muncullah jenis-jenis blog berdasarkan kesukaan masing-masing. Dan Mbak Ira akhirnya memilih tema lifestyle karena lebih luas sehingga dia bisa menuliskan hal apapun yang terlintas dalam pikiran pada blognya. Selain menulis untuk keperluan blog, Mbak Ira juga suka mengikuti lomba atau giveaway untuk mengasah kemampuannya. Wah sama dong mbak, saya juga suka. Menang kalah belakangan, yang penting blog bisa update *menghibur diri.

irawati-hamid

Pertanyaan selanjutnya yang saya lontarkan ke Mbak Ira adalah mengenai management waktu antara hobi ngeblog, keluarga dan pekerjaan, bagaimana cara mengaturnya ya?

“Saya bekerja sebagai karyawati pada sebuah perusahaan pembiayaan nasional. Gimana cara bagi waktunya yah? Kebetulan saya dan suami menjalani LDM, setelah pulang kerja memiliki banyak waktu untuk me time (ngeblog atau nonton drama korea or india), karena bertemu dengan pak suami tercinta seminggu sekali. Untuk membayar itu semua, ketika berkumpul dengan keluarga, saya akan memberikan full waktu bagi mereka.

Oalah Mbak Ira, iki orapopo tho ya tak tulis ndek kene *eh switch mode bahasa dulu, jadi tidak apa-apa ya mbak saya tulis di sini. Alhamdulillah kan mbak masih bisa bertemu, kau tidak sendiri kok mbak, banyak temannya hehe. Btw, kita kok sama yah penyuka drama Korea dan juga film India. Meski begitu bukan berarti kita orang *logat melayu* suka mendramatisir ya :p.

Irawati-hamid

Salah satu blog post tentang India

Mbak Ira memang menyukai yang namanya menonton, baik menonton drama maupun film. Itu menjadi salah satu hobinya selain ngeblog. Mbak Ira juga suka membaca, namun sayangnya hobi ini belum diimbangi dengan fasilitas toko buku yang menyediakan buku up to date. jadi, membaca dilakukannya ketika sedang tidak ngeblog atau menonton drama kesukaan.

Sekarang kita bertanya ke arah blog ya. Saya iseng bertanya mengapa Mbak Ira suka ngeblog dan apa harapan yang ingin dicapai dari hobi tersebut?

“Yang membuat saya suka ngeblog adalah karena saya bisa menuangkan apapun yang ada di pikiran. Saat negblog, saya bisa menuliskan apapun yang saya suka dan rasakan. Menurut saya itu sesuatu yang menyenangkan. Apalagi setelah ngeblog saya juga mulai mengenal lebih banyak orang dari berbagai daerah. Rasanya senang banget bisa berbagi cerita dengan mereka. Dan satu lagi, dengan ngeblog saya juga mulai mendapatkan beberapa hal yang berbentuk materi, Alhamdulillah”.

irawati-hamid

beberapa prestasi Mbak Ira nih

Irawati-hamid

Ini juga lho



Memang sih, ngeblog itu merupakan salah satu cara mudah untuk berbagi. Tetapi berbagi yang bermanfaat dan positif tentunya ya mbak, yang negatif-negatif jangan lah ya supaya tidak menggiring opini public *apa sih Ev. Dari kegiatan ini, Mbak Ira memiliki harapan agar semangat ngeblog tidak surut. Dia ingin tetap ngeblog hingga nanti, dan semoga konten yang dihasilkan semakin berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca.

“Kawan-kawan, yuk kita semangat ngeblognya! Saya juga berharap semoga suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan kawan-kawan blogger yang biasanya hanya bersua di dunia maya. Semoga suatu saat nanti kita diberi kesempatan untuk bertemu yah Mba Ev, aamiin.”

Aamiin. Begitu pesan Mbak Ira, ketika menutup percakapan kami kemarin yang dilakukan via messenger. Mbak Ira mengatakan untuk jangan pernah bosan menulis dan belajar tentang semua hal yang mendukung dan meningkatkan kemampuan kita untuk ngeblog. Karena semakin ada keinginan untuk belajar, insyaaAllah yang lain-lain akan mengikuti dengan sendirinya termasuk prestasi, silaturahim bahkan rezeki.

Terakhir, Mbak Ira ini memiliki impian dalam dunia blog yaitu dapat mempublish minimal 14 artikel berkualitas setiap bulannya di blog dan semoga hobi negblog ini dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk dirinya pribadi serta keluarga. Aamiin ya Rabb.

Terimakasih ya Mbak Ira sudah menjawab semua pertanyaan saya. Semoga tidak kapok diwawancarai. Bagi teman-teman yang ingin mengenal lebih jauh tentang dan ingin bekerja sama dengan Mbak Ira, silahkan mengunjungi alamat berikut ini:

Blog: http://www.irawatihamid.com/

Facebook: Irawati Hamid

Twitter: @Ira_Hamid16

Instagram: @Ira_Hamid16

G+ : Irawati Hamid

Email: iwahyu2011@gmail.com

Sekian sesi review sahabat kali ini, nantikan sesi review sahabat selanjutnya ya teman-teman, semoga bermanfaat dan salam silaturahim.

26 Comments

  1. Reply

    Duh… yang gak bisa bayangin itu kaalau pas jauh dari toko buku ituh mbak. hhehe… Etapi udah bisa order secara online deng yah. hee
    Oh iya, kira2 mbak Ev sama mbak Ira juga penggemar Uttaran apa ga nih.. hhee

  2. Reply

    Waduh ternyata yang direview mbak ira ya ? Kirain saya gituh mbak yang direview ? Gkgkgkgk tapi mbak irawati memang blog keren dan bisa menginspirasi blogger lain.

  3. Anne Adzkia

    Reply

    Dilema tinggal di daerah mmg begitu, susah dapetin toko buku yang bagus dan koleksinya banyak. Jalan-jalan ke Jkt aja mbak Ira 🙂

  4. Reply

    kopdar emang jadi salah satu impian para blogger yah Mbak. Apalagi klo udh dekat, jadi makin pengen bs bertemu langsung. 🙂

    Ayooo Mbak Ev, main ke Bau-Bau trus jangan lupa ke Kendari juga yah 😉

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.