Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan

evrinasp

Alhamdulillah Oktober ceria nih pemirsa. Mumpung hati sedang senang, saya mau ikutan lomba ah. Kebetulan Emak Gaoel lagi bikin lomba nih, sekalian aja deh kita ikutan.

Bagi teman-teman yang sering mampir di blog saya ini, pada nyadar gak sama tag line yang saya tulis di pojok kiri atas itu? Ada sebuah tag line bertuliskan menghijaukan bumi melalui tulisan pada pojok kiri atas blog saya. Itulah sebuah cita-cita kecil yang sedang saya kejar melalui kegiatan blogging sebagai salah satu kepedulian terhadap bumi.

Saat ini saya juga sedang berusaha mengedukasi masyarakat di sekitar rumah dengan memberikan contoh penanaman di pekarangan. Ada hasilnya ev? ada, kadang ketika saya sedang asik bertanam ria, ada saja ibu-ibu yang menghampiri kemudian bertanya ini itu tentang kegiatan yang saya lakukan. Ada juga yang minta benih atau bibit, langsung deh saya kasih dengan harapan dia mau menanam.

Lalu saya ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bisa melakukan penghijauan. Beruntung saya dipertemukan dengan dunia blogging. Melalui dunia ini, saya bisa mengawinkan pertanian dengan blogging menjadi sebuah media untuk memberikan informasi seputar pertanian sekaligus mengedukasi masyarakat untuk menghijaukan bumi.

Sedikit demi sedikit usaha saya mulai terlihat. Tak hanya masyarakat umum saja yang kemudian mampir ke blog saya, tetapi juga teman-teman kita yang berasal dari luar negeri dan tentunya sahabat-sahabat blogger. Beberapa kali saya mendapat inspirasi dari teman-teman karena ada saja yang bertanya mengenai pertanian. Misalnya bagaimana mengendalikan hama kutu putih yang kemudian bisa menjadi sebuah postingan (lalu saya pun teringat kalau punya pe-er untuk membuat tabulampot yang ditanyakan Mbak Lusi hehe maaf ya mbak belum ditulis juga nih). Membuat pembaca tergerak saja saya sudah bersyukur. Tapi ternyata saya mendapatkan hal yang lebih dari itu lho.

Blog

Alhamdulillah testimoni dari pembaca *kurang jelas ya? hehe*

Siapa sangka ada salah satu orang Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) yang membaca blog saya. Sejak itu saya dikenal oleh beberapa orang yang ada di balai pelatihan dan juga PUSTAKA (Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian). Alhamdulillah tanggal 16-19 Oktober nanti insyaa Allah saya akan berangkat bersama tim PUSTAKA untuk meliput kegiatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Nasional di Palembang. Saya senang sekali karena tidak menyangka hingga sejauh ini dan semuanya berawal dari blog yang saya tulis.

Untuk mendukung tulisan, saya sering menggunakan software seperti Corel Draw dan Photoshop jika melakukan editing melalui laptop. Namun saya juga menggunakan aplikasi yang terdapat pada smartphone. Enaknya mengedit dengan smartphone ini, ukuran file yang dihasilkan tidak terlalu berat sehingga kita tidak perlu meresize gambar maupun video yang dihasilkan. Kemudian prosesnya juga cepat tidak memakan waktu lama seperti saatย mengedit melalui laptop. Seperti ketika membuat gambar dan video untuk tulisan lomba ini, saya menggunakan beberapa aplikasi melalui smartphone, diantaranya:

  1. PicsArt

Saya menggunakan PicsArt untuk menyatukan dua atau tiga gambar yang berbeda. Gambar yang satu dengan yang lainnya dibedakan dengan memberikan warna transparan. Kemudian saya bisa menambahkan font dari PicsArt yang kece-kece itu. Kita juga bisa membuat suatu judul tulisan yang dipadukan dengan gambar melalui PicsArt lho.

Picsart

  1. PIP Camera

Saya suka dengan aplikasi ini karena unik bisa membuat sebuah objek menjadi focus. Setelah mengedit melalui PicsArt, gambarnya langsung saya edit lagi melalui PIP Camera. Lalu kita bisa atur bagian mana yang akan menjadi fokus, apakah foto depan atau belakang.

PIP Camera

  1. WIFI File Transfer

Aplikasi ini paling sering saya gunakan untuk memindahkan foto atau video dari smartphone ke laptop dan sebaliknya. Menggunakan aplikasi ini lebih cepat daripada menggunakan kabel data.

WIFI File Transfer

  1. Viva Video

Kalau sedang malas mengedit video menggunakanย Ulead, kita bisa mengedit video dengan menggunakan aplikasi video editing yang ada pada smartphone, salah satunya adalah Viva Video. Kita bisa merekam video secara langsung, menambahkan lagu dan juga emoticon.

VIVA Video

Nah kalau semuanya sudah oke tinggal upload saja ke blog. Tapi terkadang saya menemui kendala, terutama ketika mau upload video. Saya harus menunggu beberapa waktu untuk menguploadnya. Pernah lho menunggu selama satu jam karena size videonya besar. Terpaksa deh videonya saya resize tapi hasilnya jadi pecah dan kurang berkualitas.

Beruntung sekarang sudah datang era internet cepat dari Smartfren 4G LTE Advanced yang memberikan akses internet cepat dan jaringan yang luas. Kalau sudah begini cita-cita saya menghijaukan bumi melalui tulisan bisa tercapai ya. Go For It deh pemirsa.

Nah, itu tadi adalah cerita saya, kalau teman-teman bagaimana? Goย For It ya pren!

49 Comments

  1. Anissa Novita

    Reply

    mbak salam kenal, mbak yang ada di grup asinan blogger kan? ๐Ÿ™‚
    daei semua aplikasi aku cuma tau picsart doang, itupun masih bingung cara pakenya hehehehe *katrotingkatdewa

    oiya mbak ngomong-ngomong tentang menghijaukan bumi, baru-baru ini aku nulis tentang Jakarta Rooftop Farm ๐Ÿ™‚ *gaadayangnanyapun

  2. Nindya Prayastika

    Reply

    iya banget mak, pake wifi transfer emang lebih cepet dari kabel data. Aku juga sering pake itu ๐Ÿ˜€

  3. dani

    Reply

    bisa dicontek nih Mbak aplikasi-aplikasi yang dipakainya ๐Ÿ˜€
    Terimakasih informasinya dan semoga menang ya Mbak ๐Ÿ™‚

  4. Edi Padmono

    Reply

    Kalau saya terusterang masih gaptek. O iya kalau ada materi hydroponik bagi dong ev, saya mau menghijaukan sisa tanah di samping rumah kalau yang didepan mah udah hijau dg taman bunga.

  5. Reply

    Aku juga lagi merealisasikan mimpi punya kebun sayur n buah mb… Tp masih mungil- mungil pohonnya… Semoga pada subur makmur. Btw, nuwun info aplikasinya….blog ku masih polos-polos aja, foto ga pernah lwt editing, paling crop doang… Apalagi video. Perangkatku ga support kakean aplikasi…pusing dia. Sudah kebanyakan game! Moga- moga mimpi berikutnya bisa upgrade alat nge- blog nya tercapai

  6. Reply

    Wah, keren, cita cita nya mulia. Tulisanya juga bagus, dari semua aspek dapat, bakal jadi pemenang nih…googd luck ๐Ÿ™‚

  7. Reply

    Saya udah pake PicsArt dan Viva video. Tapi blom tau cara upload video ke blog. Alhamdulillah dapet ilmu dari sini, satu lagi…saya juga baru tahu soal WIFI file transfer, selama ini pake kabel data hi hi hi
    Makasih sharingnya ya mbak ๐Ÿ™‚

  8. muhammad mukhlis

    Reply

    say akan selalu mendukung mbak, demi melestarikan tanah air kita ๐Ÿ™‚

  9. parenting

    Reply

    Wah, mbaknya ini begitu menginspirasi, satu langkah kecil untuk perubahan yang besar. SEMANGAT mbak

  10. Reply

    Postingan2 Jeng Rina bukti nyata menghijaukan bumi melalui tulisan.
    Selamat mengikuti gebyar HPS di Palembang.
    salam

  11. ulu

    Reply

    duh keren banget blognya, punya visi dan misi yang daleeeem ๐Ÿ˜€ bagus, mba ev. saya sama suami aslinya petani juga, tapi petani ikan. cuma yah dia suka motret, saya suka nulis. jadi ngeblog udah dikerjain sebelum bertani ๐Ÿ˜€

  12. Reply

    eya ampuuun baru tau ada wifi file transfer hahahaaa…. Kalau maleees banget nyolokin kabel data, biasanya aku email wkwkwkkk duh gaptek

  13. Pingback: Cibinong Clean Action, Gerakan Cinta Lingkungan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.