Pilih Mana, Apel Merah atau Apel Hijau?

apel-merah-atau-apel-hijau

Suatu hari saya kedatangan paket yang penuh berisi buah. Keluarga saya senang bukan main karena bisa menikmati buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya. Kami langsung membongkar paket berisi buah tersebut. Di antara buah-buahan yang ada di dalam box terdapat buah apel merah dan juga apel hijau. Kemudian terjadilah proses perebutan buah apel merah dan hijau mirip dengan bawang merah dan bawang putih.

“Aku mau yang merah aja, soalnya yang hijau agak asem” celetuk adik saya.

“Mama juga yang merah aja deh” kata mama sambil memilah buah.

Ya sudah sebagai anak yang baik, rendah hati dan tidak sombong kemudian dilempar buah, saya langsung menengahi agar mereka mengambil sesuai kesukaannya. Beruntung saya terlahir sebagai fruitaholic jadi tidak picky terhadap buah. Mau apel merah atau hijau, dua-duanya saya suka karena sama-sama enak dan bergizi.

Tetapi saya perlu meluruskan kepada adik dan mama agar tidak terpaku pada warna dan rasa buah apel saja karena sesungguhnya di balik warna dan rasa tersebut, tersembunyi berbagai macam manfaat yang membuat kita mau mengkonsumsinya secara bergantian atau bahkan sekaligus seperti saya ini.

Kita sudah tau dong ya kalau buah apel itu merupakan buah yang kaya akan manfaat. Saking bermanfaatnya hingga dapat membuat kita tak perlu sering mengunjungi oppa dokter yang ganteng jika sering mengkonsumsi minimal satu buah apel setiap hari. “An apple a day keeps the doctor away” begitu katanya.

Buah yang banyak di tanam di dataran tinggi atau pegunungan yang memiliki suhu dingin ini secara umum bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan imunitas tubuh terhadap infeksi kuman penyakit, baik untuk penderita diabetes, kaya akan antioksidan, menurunkan resiko kanker hingga mengurangi nafsu makan yang  tinggi.

Itu tadi adalah manfaat secara umum dari buah apel, baik apel merah maupun apel hijau. Nah, secara khusus terdapat perbedaan manfaat yang dapat diperoleh oleh tubuh apabila kita mengkonsumsi apel merah atau apel hijau saja. Dan dari beberapa informasi yang saya baca, diketahui bahwa apel hijau lebih banyak memiliki kandungan gizi daripada apel merah meskipun rasanya lebih asam. Berikut adalah beberapa perbedaan manfaat dari apel merah dan apel hijau yang saya rangkum dari berbagai sumber:

  1. Kandungan karbohidrat apel merah lebih tinggi daripada apel hijau.

Berdasarkan laporan dari USDA seperti yang dilangsir dalam www.healthfeed.org diketahui bahwa kandungan karbohidrat dalam satu cangkir apel merah sebesar 15.33 gram, sedangkan apel hijau mengandung 14.83 gram karbohidrat dalam satu cangkirnya. Bagi teman-teman yang sedang diet untuk menurunkan berat badan, apel merah bagus untuk dikonsumsi karena kandungan karbohidratnya yang lebih tinggi sebagai pengganti sumber karbohidrat dari makanan lain atau snack.

apel-merah-atau-apel-hijau 3

  1. Kandungan gula pada apel hijau lebih rendah daripada apel merah

Apel hijau memiliki rasa yang asam apabila dibandingkan dengan apel merah karena memang kandungan gula di apel hijau itu lebih rendah. Meskipun apel (baik merah maupun hijau) diketahui baik untuk penderita diabetes, namun ada baiknya untuk mengkonsumsi apel hijau daripada apel merah bagi penderita diabetes.

  1. Apel hijau baik untuk memelihara kecantikan kulit

Dilangsir dari www.vwellhealth.com diketahui bahwa mengkonsumsi apel hijau secara teratur cenderung membuat kita dapat memiliki kulit yang halus dan bebas dari noda. Itu sebabnya banyak produk kosmetik komersial terutama yang mengiklankan manfaat anti penuaan, mengandung apel hijau pada komposisi kosmetiknya.

apel-merah-atau-apel-hijau 3

  1. Kandungan serat pada apel hijau lebih tinggi daripada apel merah sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Apel hijau kaya akan serat baik pada kulit maupun dagingnya. Serat pada buah bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menghindari terjadinya sembelit. Informasi dari www.tribunnews.com disebutkan bahwa serat yang ada di dalam apel khususnya apel hijau bermanfaat untuk menaikkan gerakan pencernaan dan usus, menghilangkan racun berbahaya, meningkatkan metabolisme, dan efektif untuk mengurangi kemungkinan kanker usus besar.

  1. Terdapat kandungan antosianin pada kulit apel merah, sedangkan apel hijau tidak memilikinya.

Apel merah mengandung antosianin yang diketahui berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyumbatan darah. Antosianin terdapat pada berbagai tumbuhan, buah-buahan, dan juga hasil umbi-umbian yang bermanfaat bagi tubuh termasuk kegunaannya sebagai sumber pewarna alami pada beberapa produk makanan maupun minuman.

Tuh kan banyak sekali manfaat secara umum serta manfaat secara khusus dari apel baik itu apel merah maupun apel hijau. Walaupun memiliki warna dan rasa yang berbeda, kedua apel tersebut sama-sama bermanfaat. Tinggal nanti dipilih saja mau mengkonsumsi apel merah atau apel hijau, lebih bagus lagi kalau mengkonsumsi keduanya, jadi semua manfaatnya dapat diperoleh.

Buah apel yang mau dikonsumsi juga mudah diperoleh, kalau di supermarket ada Pacific Rose Apple dan Granny Smith dari Sunpride yang dikemas sedemikian rupa untuk menjamin kualitasnya.

Jadi, kamu tim apel merah atau apel hijau?. Atau maunya di-apel-in aja? garink kriuk-kriuk. Kalau saya sih suka keduanya, baik apel merah maupuan apel hijau, namanya juga fruitaholic, ya kan?!. Semoga bermanfaat.

Sumber Informasi:

Healthfeed.org. Green Apple vs Red Apple, Which is Better for Your Health

http://www.healthfeed.org/green-apple-vs-red-apple-which-is-better-for-your-health/ [diakses tanggal 21 Juni 2017]

Tribunnews.com. 2016. Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Bergizi?

http://www.tribunnews.com/kesehatan/2016/08/21/apel-merah-dan-apel-hijau-mana-yang-lebih-bergizi [diakses tanggal 21 Juni 2017]

Vwellhealth.com Little Green Apple. https://vwellhealth.com/little-green-apples/ [diakses tanggal 21 Juni 2017]

 

18 Comments

  1. Reply

    kalau saya biasanya apel merah untuk langsung dimakan soalnya manis dan apel hijau untuk dijus soalnya asem dan cocok dicampur sama buah-buah lain

  2. Reply

    Sama-sama enaknya. Tapi saya sukanya apel yang masih keras alias crunchy gitu kalau digigit, kan biasa ada tuh yang udah melembek. heuheuheu

  3. Nita

    Reply

    Aku sih mak sukanya keduanya..tapi keduanya biasanya aku paduin di water infused :v. Kalo dimakan gtu suka ijo soalnya gak keras kulitnya hehee

  4. Reply

    kalo aku sih dua daunya suka, tapi ya keseringannya makan apel yang warna merah jadi ya kalo aku milih apel warna merah aja deh mba

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.