Pisang Cavendish, Buah Lokal Nusantara yang Bikin Happy

pisang-cavendish

Tak terasa ya waktu cepat sekali berlalu, tau-tau sudah pertengahan tahun saja, atau bahkan besok sudah mau akhir tahun lagi. Katanya sih kalau merasa waktu cepat berlalu artinya kita menikmati aktivitas beserta kesibukan yang ada sampai lupa dengan waktu yang berjalan. Seperti saya nih yang sedang kebanyakan aktivitas, baru mulai beberapa langkah tetapi merasa waktu seperti sudah lari sekian langkah. Saya harus lebih sigap lagi menghadapi kondisi tersebut.

Nah, disela-sela kesibukan terkadang saya masih suka telat makan yang berujung pada tidak teraturnya pola makan hingga membuat saya kembali mengkonsumsi cemilan penyumbang naiknya berat badan. Belum lagi dengan kondisi kantor yang hectic banget sehingga membuat mood saya jadi tidak karuan. Kalau sudah begitu saya khawatir tubuh menjadi tidak sehat.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, biasanya saya akan rehat sejenak dan membiarkan tubuh beristirahat sambil memberikan asupan nutrisi agar tubuh bisa segar kembali. Buah adalah salah satu sumber asupan nutrisi yang paling saya gemari untuk membuat tubuh menjadi fresh kembali. Mengkonsumsi buah, dapat membuat tubuh jadi merasa kenyang sehingga bisa menghempaskan cemilan, dan juga dapat membuat kita merasa happy lho.

Memangnya ada buah yang bisa bikin kita happy? Ada banget dan buah ini mudah ditemukan di mana saja lho. Buah tersebut adalah buah pisang yang tidak hanya disukai oleh Minions tetapi oleh kita semua termasuk saya.

pisang-cavendish

Mau tau mengapa buah pisang bisa membuat kita happy? Simak penjelasan saya berikut ini ya.

Konsumsi Buah Pisang Bikin Happy

Pisang adalah salah satu buah yang ketersediaannya selalu ada sepanjang tahun. Budidayanya yang mudah dan sangat adaptif terhadap lingkungan membuat buah ini hampir tidak pernah absen di pasaran. Buah pisang memiliki rasa yang manis dengan tekstur daging buah yang empuk sehingga disukai oleh hampir seluruh masyarakat dari usia muda hingga orangtua.

Selain rasa dan tekstur yang memikat, ternyata buah pisang memiliki khasiat lain yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Mengkonsumsi buah pisang ternyata dapat membuat seseorang menjadi bahagia berkat kandungan dopamine dan serotonin. Apabila kadar kedua hormon tersebut terpenuhi di dalam tubuh maka akan menghilangkan emosi negatif dan membuat seseorang menjadi happy.

pisang-cavendish

Dopamine adalah hormon yang dikeluarkan otak dan berperan penting dalam mengatur gerakan otot. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan seseorang menjadi gelisah. Selain itu dopamine juga merupakan hormon yang penting untuk meningkatkan suasana hati. Apabila kekurangan hormon ini akan membuat seseorang menjadi sulit bahagia hingga merasa depresi. Untuk meningkatkan kadar dopamine, diperlukan pasokan asam amino agar otak mampu memproduksinya. Salah satu asam amino yang membentuk dopamine adalah tirosin. Tirosin dapat ditemukan pada buah pisang, blueberry, strawberry, dan plum [1].

Serotonin juga merupakan hormon yang berada di otak dan diproduksi secara alami. Hormone ini juga mempengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang. Untuk meningkatkan hormon serotonin, seseorang perlu mengkonsumi makanan yang mengandung triptofan. Buah pisang memiliki kadar triptofan yang tinggi sehingga mengkonsumsi buah ini akan membuat seseorang menjadi bahagia [2].

Sekarang sudah jelas kan bagaimana buah pisang membantu seseorang menjadi bahagia. Nanti kalau lingkungan di sekitar sedang tidak kondusif, mending kita makan buah pisang saja deh supaya tetap happy. Selain itu, mengkonsumsi buah pisang juga membantu menurunkan nafsu makan lho. Dengan memakan buah pisang saja kita sudah merasa kenyang sehingga cemilan penambah berat badan dapat dengan mudah terhempaskan.

So tunggu apalagi, ayo konsumsi buah pisang sekarang juga supaya kita bisa menjalani hari dengan cerah ceria. Kalau saya sudah mengkonsumsi buah pisang, salah satu buah pisang yang saya konsumsi adalah Pisang Cavendish dari Sunpride.

pisang-cavendish

Pisang Cavendish, 100% Buah Lokal Nusantara    

Saya senang mengkonsumi buah Pisang Cavendish berlabel Sunpride karena diproduksi dengan sangat terjaga mulai dari tahap pembibitan hingga pasca panennya. Kebetulan saya sudah pernah melihat langsung ke lokasi di mana Pisang pasti Sunpride ini dihasilkan yaitu di perkebunan di daerah Lampung yang ada di Pulau Sumatera. Karena Pisang Cavendish ini ditanam di Lampung, otomatis Pisang Cavendish termasuk 100% buah lokal nusantara yang dibudidayakan di tanah Indonesia nan subur. Jadi, kalau ada kesan bahwa Pisang Cavendish merupakan buah import, itu salah total ya karena produksinya saja dilakukan di dalam negeri jadi tidak mungkin disebut sebagai buah import.

pisang-cavendish

Kesan tersebut datang berkat penampilan kulit buah Pisang Cavendish yang mulus dan memiliki warna kuning cerah ditambah dengan rasa manis serta tekstur daging buang yang lembut. Padahal untuk menghasilkan pisang yang sedemikian rupa, ada kerja keras dalam menjaga kualitas mulai dari pembibitan, penanaman, hingga pasca panennya.

pisang-cavendish

Tekstur kulit buah pisang yang mulus

pisang-cavendish

Daging buah yang lembut dan memiliki rasa manis

Sewaktu saya kunjungan ke perkebunan Pisang Cavendish di Lampung, saya melihat dan mendengar sendiri bagaimana proses untuk menghasilkan pisang berkualitas. Misalnya pada saat pembibitan saja dipilih bibit yang berkualitas dari hasil kultur jaringan. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan memiliki kualitas yang lebih bagus karena kondisi dan nutrisinya benar-benar terjaga sehingga dapat terhindar dari berbagai serangan hama penyakit. Bibit pisang hasil perbanyakan kultur jaringan ini kemudian dipelihara lebih lanjut pada sebuah nursery hingga mereka siap dipindahkan ke lahan.

Pemeliharaan saat tanaman pisang tumbuh besar lebih maksimal lagi. Contohnya saja pada saat tandan buah sudah muncul, maka segera dilakukan penutupan dengan kertas untuk menghindarkan kerusakan buah akibat hama penyakit serta goresan. Nah, ini yang membuat Pisang Cavendish Sunpride tetap mulus hingga ke tangan konsumen. Pada saat masuk ke dalam prosesing, tandan buah pisang tetap terbungkus untuk menghindari benturan atau kemungkinan lainnya yang dapat merusak kualitas buah.

pisang-cavendish

Tandan Pisang Cavendish masih terbungkus kertas untuk menjaga kualitas saat dibawa menuju ruang prosesing

Sudah mencoba Pisang Cavendish Sunpride belum? Kalau belum, ayo cobain deh. Pisang Cavendish Sunpride memiliki beberapa jenis ukuran yang dijual dipasaran yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster itu merupakan buah pisang yang terdiri dari 3-8 finger, sedangkan Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers, dan Cavendish single hanya ada 1 finger saja yang dikemas dalam plastik khusus. Saya sudah membeli Pisang Cavendish Cluster dengan harga yang terjangkau. Kalau teman-teman juga ingin mengkonsumsi buah Pisang Cavendish Sunpride dapat ditemukan di supermarket ataupun toko buah terdekat.

pisang-cavendish

Pisang Cavendish jenis Cluster

pisang-cavendish

Pisang Cavendish jenis Single

pisang-cavendish

Oh iya, sebagai gambaran, berikut adalah kandungan gizi yang terdapat di Pisang Cavendish Sunpride (diambil dari website www.sunpride.co.id):

Banana fruit (Musa acuminata colla),
Nutritive Value per 100 g
(Source: USDA National Nutrient data base)

Principle

Nutrient Value

Percentage of RDA

Energy

90 Kcal

4.5%

Carbohydrates

22.84 g

18%

Protein

1.09g

2%

Total Fat

0.33 g

1%

Cholesterol

0 mg

0%

Dietary Fiber

2.60 g

7%

Vitamins

Folates

20 µg

5%

Niacin

0.665 mg

4%

Pantothenic acid

0.334 mg

7%

Pyridoxine

0.367 mg

28%

Riboflavin

0.073 mg

5%

Thiamin

0.031 mg

2%

Vitamin A

64 IU

2%

Vitamin C

8.7 mg

15%

Vitamin E

0.10 mg

1%

Vitamin K

0.5 µg

1%

Electrolytes

Sodium

1 mg

0%

Potassium

358 mg

8%

Minerals

Calcium

5 mg

0.5%

Copper

0.078 mg

8%

Iron

0.26 mg

2%

Magnesium

27 mg

7%

Manganese

0.270 mg

13%

Phosphorus

22 mg

3%

Selenium

1.0 µg

2%

Zinc

0.15 mg

1%

Phyto-nutrients

Carotene-a

25 µg

Carotene-ß

26 µg

Lutein-zeaxanthin

22 µg

Untuk menjamin keamanan pangan konsumen, Sunpride selalu melakukan sertifikasi terhadap produknya secara berkala. Sertifikasi dilakukan di Sucofindo yang memang sudah terjamin kredibilitasnya. Kalau sudah begini, konsumen jadi tenang deh saat mengkonsumsi buah yang memang terjaga kualitasnya.

Nah, teman-teman sekarang sudah paham kan bagaimana buah pisang termasuk Pisang Cavendish yang merupakan 100% buah lokal nusantara mampu membuat seseorang menjadi happy?, sudah dong ya nanya sendiri jawab sendiri hehe. Jadi, kalau nanti suasana hati sedang kurang bagus mending konsumsi buah pisang saja supaya hati tetap cerah ceria penuh pesona. Terima kasih ya teman-teman dan sebagai penutup saya ingin mengucapkan Happy International Banana Day, 27 Agustus 2017. Sampai jumpa.

Sumber Informasi:

[1] Amazine.co. 8 Makanan yang Bermanfaat Mneingkatkan Kadar Dopamine. https://www.amazine.co/40076/8-makanan-yang-bermanfaat-meningkatkan-kadar-dopamine/ [diakses tanggal 12 Agustus 2017].

[2] Choirul, I. 2011. Dopamin dan Serotinin, Dua Hormon Otak Pembuat Bahagia. http://sidomi.com/22467/dopamin-dan-serotinin-dua-hormon-otak-pembuat-bahagia/ [diakses tanggal 12 Agustus 2017].

www.sunpride.co.id

 

33 Comments

  1. Reply

    Memang beda banget kalo orang Pertanian yang nulis soal panganan ya. Pasti apik dan full informasi.

    Good luck, kakak

  2. Reply

    Wah baru tau ada hari Pisang Internasional, hebat nih saking bermanfaatnya buah pisang tuh ya, sampe daunnya juga bermanfaat, aku dirumah nanam pohon pisang tapi langganannya pisang sunpride ini

  3. Reply

    waktu hamil lebih rajin makan pisang terutama klo lagi syedih, bener pisang bikin happy… anakku suka pisang juga, beli satuan di minimarket deket rumah

  4. Reply

    lucu banget dipasang-pasangkan sama Minion, he he… liat foto-foto penampakan pisang Cavendish yang jelas banget di sini bikin aku ngiler ^^

  5. Rustam

    Reply

    Pisang memang banyak manfaatnya ya Mbak, mudah pula dicarinya, tapi males makannya itu yang jadi masalah aku, hiihii…

  6. Siska Hutagalung

    Reply

    Mbak,Kalo di jakarta timur minimarket yg jual pisang cavendish sunpride ini ada dimana aja ya?
    boleh share info?

    thanks before

  7. Pingback: Gathering Asik Bersama Fruitaholic - Evrina Budiastuti

  8. Vicky Laurentina

    Reply

    Saking concern-nya ya Sunpride terhadap kebun pisangnya. Sampai-sampai pisang baru berbuah pun langsung ditutupi kertas supaya tidak dihinggapi hama. Pantesan produksi buah pisangnya Sunpride ini bisa lulus Sucofindo dan nggak mencemari lingkungan dengan pestisida. Makanya nggak heran kalau pisang cavendishnya Sunpride ini jadi satu-satunya pisang Indonesia yang lulus diekspor ke Jepang.

    • Reply

      Iya mbak sangat dijaga banget kualitasnya, waktu dari lapangan sudah dibungkus, lalu diangkut juga gal sembarangan gak boleh rusak sampai pencucian Dan pengemasan

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.