Mata Kering Ganggu Konsentrasi, Ada Insto Dry Eyes yang Menjadi Solusi

Mata kering sepertinya sudah menjadi langganan saya dalam beraktivitas. Beberapa kali saya merasakan gejala tersebut hingga mengganggu konsentrasi kerja.

Kalau sudah terasa kering, saya akan rehat sejenak. Karena apabila dipaksakan nantinya juga percuma dan ujung-ujungnya malah menjadi pusing.

Apalagi kalau hari itu aktivitasnya serba mobile. Dimulai dari pagi hingga siang hari di lapangan, dan dilanjutkan dengan aktivitas administrasi menggunakan laptop di kantor. Ini yang membuat saya harus ekstra sabar. Sudah merasa lelah di lapangan, tetapi masih harus membereskan administrasi pelaporan di kantor.

Kalau sedang merasa kelelahan, saya jadi susah konsentrasi. Biasanya saya mengetik sambil menggunakan kacamata. Karena mata lelah apabila menatap layar laptop tanpa menggunakannya. Tetapi jika kondisi tubuh sudah kelelahan, mau pakai kacamata atau tidak, akan sama saja rasanya. Akhirnya, laptop akan saya matikan dan pekerjaan menjadi tertunda.

Gejala mata kering itu tidak boleh dianggap remeh lho. Terkadang kita tidak sadar kalau sebenarnya mata membutuhkan perhatian serta istirahat sejenak. Yuk kita cari informasi lebih jauh perihal gejala ini.

Bekerja di dalam dan di luar ruangan membuat mata sepet

Ketahui Penyebab Mata Kering

Bekerja di dalam maupun di luar ruangan, keduanya sama-sama memiliki resiko membuat mata kehilangan kelembapan.

Saya adalah salah satu orang yang bekerja di dua lokasi tersebut. Kondisi saya yang saat ini sedang hamil beresiko akan terkena mata kering.

Sebab menurut informasi, wanita lebih beresiko terkena gejala tersebut akibat perubahan hormon baik karena kehamilan ataupun penggunaan kontrasepsi. Pantas saja, di usia kehamilan yang semakin bertambah, saya sudah tidak terlalu kuat menatap layar laptop. Apalagi kalau pagi harinya bekerja di lapangan, paling saya hanya sanggup membuka laptop selama satu jam saja.

Supaya lebih berhati-hati, saya mencoba untuk mencari informasi terkait penyebab mata menjadi kering baik ketika berada di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Berikut adalah beberapa hasilnya.

Penyebab dari Dalam Ruangan

Bekerja di ruangan ber-AC cukup memberikan kontribusi terhadap kelembapan mata. Mata terasa sepet karena kurangnya kelembapan. Ditambah lagi bekerja di depan laptop yang terkadang membuat kita terlalu konsentrasi sehingga lupa untuk berkedip.

Ini nih yang memberikan kontribusi terhadap penguapan mata sehingga menyebabkan mata menjadi kering.

Penyebab dari Luar Ruangan

Bekerja di luar ruangan juga beresiko. Terutama bagi pengendara baik pengendara mobil maupun motor. Saya menggunakan motor dari kantor untuk pergi ke lapangan. Saya selalu berusaha agar menggunakan kacamata dan helm yang tertutup guna melindungi wajah terutama mata.

Sebab beberapa faktor seperti paparan asap, angin, sinar matahari, debu, maupun kondisi iklim dapat meningkatkan penguapan air mata. Jika kondisi mata kurang lembap, maka akan menyebabkan mata perih menjadi kering.

Jadi, jangan acuhkan resiko ini ya. Apabila sudah mengetahui penyebabnya, maka kita perlu mengetahui juga gejala yang menyebabkan mata menjadi kering.

Jangan Acuhkan Tiga Gejala Mata Kering Ini

Untuk Mata Indahmu

Pernahkah merasakan kondisi mata sepet seperti agak bengkak padahal tidak menangis? Atau merasa mata pegel sehingga serba salah ketika memakai kacamata?. Ataupun merasa mata perih yang rasanya pedas (bukan karena pedas cabai ya) jika melihat layar laptop?.

Hati-hati lho karena ketiga gejala tersebut baik mata sepet, mata pegel, dan mata perih adalah gejala mata kering yang membuat mata lelah.

Diketahui bahwa sekitar 60 juta orang di dunia mengalami mata kering berdasarkan laporan dari US National Library of Medicine National Institute of Health (NCBI).

Laporan dari NCBI juga mencatat terjadinya pergeseran obyek penderita mata kering, yang semula dikaitkan dengan pasien lansia, beberapa tahun terakhir banyak terjadi pada usia muda karena pergeseran gaya hidup terutama penggunaan media digital.

Untuk di Indonesia sendiri prevalensi mata kering pada 2017 mencapai 30,6 persen dari jumlah penduduk (Sofiana, 2018).

%

Prevalensi mata kering pada 2017

Kondisi mata yang kering terjadi karena menurunnya produksi air mata serta meningkatnya penguapan air mata. Padahal, air mata ini sangat dibutuhkan oleh mata karena membantu melindungi mata dari infeksi serta benda asing yang mungkin masuk dari lingkungan. Sementara itu komposisi air mata terdiri dari air, lemak atau minyak, dan mucin yang memang dibutuhkan oleh mata.

Mata kering tidak boleh lagi diabaikan. Apalagi dengan semakin tingginya tuntutan pekerjaan maupun pergeseran gaya hidup yang cenderung lebih banyak menggunakan perangkat digital. Apabila merasa terkena gejala seperti mata sepet, mata pegel, dan mata perih, maka segera atasi dengan beberapa langkah sederhana berikut ini.

Atasi Mata Kering dengan Cara Ini

Mengatasi gejala keringnya kondisi mata sebenarnya sangat mudah asalkan kita mau menerapkannya. Berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi gejala tersebut, yaitu:

Istirahatkan Mata

Apabila bekerja di dalam ruangan dengan menggunakan laptop, jangan lupa untuk mengistirahatkan mata dengan cara berkedip dalam rentang waktu tertentu. Kemudian sesekali memandang ke arah lain untuk menyegarkan mata.

 

Mode Eye Protection

Gunakan mode eye protection bagi laptop maupun smartphone yang menyediakan fitur tersebut untuk memberikan kenyamanan pada mata saat menatap layar.

 

Proteksi Diri

Apabila sedang berada di lapangan, terutama saat berkendara motor, gunakanlah kacamata hitam yang memiliki perlindungan sinar UV. Gunakan pelindung kepala seperti topi ketika berada di lapangan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

 

Tubuh Terhidrasi

Bantu tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum air sesuai anjuran yaitu 8-10 gelas setiap hari.

 

Tetes Mata

Gunakan tetes mata khusus untuk mata kering yang berfungsi sebagai pengganti air mata untuk membantu melembapkan mata.

 

Insto Dry Eyes, Solusi untuk Kelembapan Mata

Salah satu tetes mata khusus yang membantu meringankan gejala mata kering adalah Insto Dry Eyes. Tetes mata Insto Dry Eyes, merupakan varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif untuk mengatasi gejala mata yang kering. Insto Dry Eyes mudah diperoleh di apotik dan toko-toko terdekat dengan harga yang terjangkau.

Mengapa Insto Dry Eyes? Karena sebagai air mata buatan, dalam setiap tetes Insto Dry Eyes mengandung bahan aktif yang dapat mengatasi kekeringan pada mata dan dapat digunakan sebagai pelumas pada mata, serta memiliki bahan aktif yang dapat membunuh bakteri.

insto dry eyes memulihkan mata kering

 

Dalam setiap mL larutan isotonik steril Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg dan Benzalkonium chloride 0,1 mg dengan indikasi penggunaan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, dan meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata.

Saya sudah mencoba menggunakan Insto Dry Eyes ini untuk membantu menjaga kondisi kelembapan kedua mata saya. Saya mulai menggunakannya pada siang hari ketika mulai terasa kering.

Cukup dengan meneteskan Insto Dry Eyes, mata saya kembali segar karena mendapatkan efek seperti sensasi dingin menyejukkan. Apabila awalnya mata terasa pegel dan lelah, kemudian mata menjadi seperti tercerahkan kembali. Saya jadi terbantu termasuk menghilangkan efek mengantuk.

Apabila sebelumnya saya cukup menyerah jika tiba-tiba mata menjadi kering, kini saya terbantu dengan hadirnya Insto Dry Eyes ketika harus berlama-lama bekerja di depan laptop sehingga tidak menumpuk pekerjaan.

So jangan sampai gejala keringnya kondisi mata mengganggu konsentrasi kerja serta aktivitas mu. Sayang lho karena yang namanya waktu tidak dapat diputar kembali. Yuk sama-sama kita ucapkan: “bye-bye mata kering!”

Sumber Informasi:

https://www.insto.co.id/

Sofiana, S. 2018. Mata Kering, Sindrom Kekinian yang Perlu Diwaspadai, Begini Antisipasinya, https://surabaya.tribunnews.com/2018/04/29/mata-kering-sindrom-kekinian-yang-perlu-diwaspadai-begini-antisipasinya. [diakses tanggal 22 Juni 2019].

18 Comments

  1. Reply

    Saya selalu sedia insto, mengingat pekerjaan sy di depan leptop terus. Kalau perjalanan jauh Insto selalu ada dikantong samping tas saya.

  2. Reply

    dulu pas masih kuliah nih mba, aku sering sedia insto krn memang mata sering pegel, perih apalagi kalo udh berkutat ama laptop ngerjain tugas kuliah. Udah kerja skr, ga pernah lagi.

    tp agak kuatir ama anakku, yg akhir2 ini aku liat sering kedip2in mata. 🙁 . mau cek dulu ke dokter mata, apa krn matanya kering ato gmn. Untuk sementara aku stop dulu segala gadget yg dia mainin sampe nanti udh ketemu dokternya

    • Reply

      Ini anakku juga sering gitu kalau kelamaan main gadget mbak, ujung2nya kucek2 Mata, memang perlu dikasih waktu supaya gak gadegtan terus

  3. Reply

    Mataku juga sering terasa kering, dan ujung2nya gatal Mbak. Apalagi kalau habis perjalanan jauh naik motor. Selama ini aku masih beranggapan kalau insto dipakai pas sakit mata aja, ternyata bisa untuk segala kondisi terutama untuk menutrisi mata yaa..

    Terimakasih infonya Mbak 🙏

  4. Reply

    kalau aku sering kena debu karena sering naik motor yang menyebabkan mata gatal, untuk ada insto dry eyes ini, jadi aman dech. terim alasan yang sangat bermanfaat ini.

  5. Reply

    kalau saya selalu kerja dihadapan komputer bikin mata cepet banget lelah mbak, insto memang solusi banget untuk masalah ini

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.