Untuk Mu Para Petugas Lebaran (Selamat Hari Raya)

Alhamdulillah tidak terasa besok kita akan memasuki bulan syawal pertanda hari kemenangan telah tiba. Ada rasa haru, bahagia, juga sedih yang menyelimuti datangnya hari yang dinanti umat muslim sedunia. Rasa haru terasa karena kita semua telah berhasil melewati satu bulan penuh berpuasa, rasa bahagia tergambar untuk berkumpul bersama keluarga terutama bagi para pemudik yang setia menempuh perjalanan jauh untuk bersilaturahim, serta rasa sedih karena kita akan berpisah dengan bulan suci Ramadhan nan mulia. Semoga kita semua masih bisa dipertemukan dengan bulan-bulan Ramadhan berikutnya. Aamiin ya Allah ya Rabballamin.

Tulisan ini didedikasikan bagi para petugas yang tetap komitmen menjalankan kewajibannya di tengah-tengah hari yang membahagiakan. Bagi saya apa yang mereka lakukan ini sungguh mulia karena tugasnya ini membantu kita semua dalam kelancaran berlebaran. Namun begitu mungkin ada satu rasa yang mereka punya dan ingin sekali direalisasikan yaitu berkumpul bersama keluarga tercinta dihari lebaran. Tetapi karena tugas memanggil, maka keinginan itu sementara dipendam terebih dahulu demi melaksanakan kewajiban.

Polisi

Jauh sebelum hari raya tiba, kita sudah melihat di setiap sudut daerah terdapat pos ketupat yang memantau serta melayani para pemudik demi kelancaran perjalanan. Tanpa bapak ibu polisi ini mungkin kegiatan mudik tidak terlalu berjalan lancar. Tetapi berkat jasa para polisi yang turut serta menjaga keamaan dan kelancaran, maka kegiatan berlebaran dan bersilaturahim dapat berjalan dengan lancar. Terimakasih Bapak Ibu Polisi.

Sumber: www.lintas.me

Tentara yang Bertugas

Seingat saya, sewaktu kecil dulu saya pernah berlebaran ketika Bapak sedang bertugas. Rasanya sedih karena pada saat keluarga lain lengkap berkumpul bersama pada saat lebaran, keluarga kami malah tidak. Tetapi saya paham kalau Bapak sedang melaksanakan tugas. Mungkin ada keluarga lain yang merasakan hal sama pada saat ini. Salah satu anggota keluarganya tidak dapat hadir lantaran sedang bertugas. Terutama bagi tentara yang menjalankan misinya dalam mengamankan NKRI di wilayah perbatasan. Namun percayalah apa yang dilakukan pasti mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Jadi tetaplah semangat dalam menjalankan tugas. Terimakasih Bapak Ibu Tentara.

Sumber: www.tni.mil.id

Petugas Transportasi

Pada saat arus mudik dan arus balik lebaran kita tentunya sangat bergantung akan transportasi. Dibalik kelancaran arus berkendara ini ada jasa para petugas transportasi yang tetap bertugas meskipun sedang hari raya. Mereka adalah para kru kereta api mulai dari masinis, petugas stasiun, polsuska, hingga penjaga palang perlintasan kereta; para supir armada lebaran beserta petugas terminal; pilot pesawat terbang beserta kru dan petugas bandara; nahkoda kapal beserta awaknya dan petugas pelabuhan; petugas tol dan para petugas transportasi lainnya. Tanpa mereka para pemudik tidak akan bisa kembali ke kampung halaman untuk bersua dengan keluarga. Konsentrasi dan kehati-hatian mereka membawa kita semua mudik dan kembali dengan aman dan tenang. Terimakasih para petugas transportasi.

Sumber: www.beritasatu.com

Petugas Medis

Meskipun sedang hari raya, bukan berarti rumah sakit juga libur. Para petugas medis yang terdiri dari dokter, perawat, apoteker, hingga para petugas operasionalnya tetap menjalankan tugas seperti biasa. Unit UGD tetap tersedia untuk melayani pasien pada saat hari raya. Terimakasih para petugas medis yang tetap menjaga para pasien meskipun sedang libur lebaran.

Sumber: news.okezone.com

Petugas Mall atau Minimarket

Adik saya pernah bekerja di salah satu minimarket. Saya ingat sekali setelah shalat ied dan bersilaturahim, dia harus segera berangkat untuk bertugas di minimarket. Melihat itu sebenarnya saya kasihan, tetapi dia menjalankannya dengan ikhlas pada saat itu. Mall atau minimarket tetap buka selama hari raya untuk melayani konsumen yang membutuhkan karena belum tentu semuanya pergi mudik. Terimakasih untuk para petugas yang tetap melayani konsumen selama lebaran.

Sumber: http://poskotanews.com

Reporter

Sering kita lihat di semua stasiun televisi, para reporter melaporkan kegiatan arus mudik dan arus balik. Mereka disebar pada beberapa titik untuk memberikan informasi terkini pada kita semua mengenai arus mudik dan arus balik agar kegiatan berlebaran menjadi lancar. Tentunya mereka memiliki dedikasi yang sangat tinggi karena jauh sebelum hari lebaran tiba, bahkan hingga nanti hari lebaran sudah berlalu mereka masih di lapangan untuk melaporkan informasi terbaru. Tanpa mereka, saya mungkin tidak tau bagaimana arus mudik dan arus balik di berbagai titik. Kadang juga melalui informasi yang diberikan para reporter ini, saya bisa menghindari titik rawan macet sehingga perjalanan menjadi lancar. Terimakasih untuk para reporter yang selalu setia melaporkan informasi terkini.

Sumber: farisdiggory.blogspot.com

Tambahan dari Sucipto Kuncoro: Petugas Telekomunikasi

Petugas telekomunikasi ini tak kalah berjasanya pada saat lebaran. Mereka harus siaga 24 jam untuk menjamin kelancaran telekomunikasi banyak orang. Bagi saya yang tidak bisa mudik tahun ini, keberadaan telekomunikasi sangat penting. Saya bisa bersilaturahim dengan sanak saudara yang nan jauh di sana hanya dengan menggunakan gadget. Jadi terimakasih juga atas jasa para petugas telekomunikasi.

Mungkin masih ada beberapa profesi lain yang belum disebutkan di atas. Siapapun mereka, mereka sangat berjasa bagi kelancaran kegiatan berlebaran. Semoga Allah membalas segala dedikasi yang telah tercurahkan. Aamiin.

Sebagai penutup, izinkan saya mengucapkan:

Terimakasih kepada teman-teman semua. Selamat berlebaran dan tetap semangat menjalankan tugas.

6 Comments

  1. Nunk Arif

    Reply

    Aduhhh terharu mak ev bacanya ampe jd meler nih lebay ya hihi, aku sendiri ga kepikiran mak mungkin udh terbiasa kali ya tiap lebaran kaya gini 🙂

  2. Reply

    Petugas telekomunikasi belum disebut, mereka juga jaga 24 jam untuk menjaga kualitas sinyal tetap baik selama hari raya. Selamat hari raya Idul Fitri.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.