Zenfone 3, Sebuah Smartphone Luar Biasa dari ASUS




zenfone-3

Zenfone 3, smartphone luar biasa dari ASUS secara resmi telah diluncurkan oleh ASUS Indonesia pada perhelatan Zenvolution di Nusa Dua Bali, 7 September 2016 lalu. Smartphone terbaru dari ASUS ini dirancang khusus untuk para pecinta fotografi, jadi hanya melalui smartphone saja kita sudah bisa menghasilkan gambar yang menawan sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai macam fitur menarik yang ditawarkan oleh seluruh rangkaian smartphone terbaru dari ASUS ini yang akan saya ulas lebih lanjut. Namun, sebelum itu mari kita simak dulu seluruh rangkaian acara Zenvolution yang berlangsung selama dua hari di Nusa Dua Bali pada tulisan berikut: Kemeriahan Rangkaian Acara Zenvolution ASUS Indonesia.

Zenfone 3 Built For Photography

Berbeda dengan seri Zenfone sebelumnya, Zenfone 3 dirancang dengan design yang elegant. Form factor kotak datar dibalut dengan metal frame membuatnya terlihat mewah ditambah dengan kilauan Zen Circle yang memukau pada capacitive button serta cover bagian belakang smartphone. Layar bagian depan smartphone sudah terbuat dari kaca dengan lapisan Gorilla Glass 3 dengan desain curve 2.5D. Lapisan ini menutupi seluruh permukaan sehingga membuatnya terlihat menjadi smartphone yang berkelas. Pada sisi belakang smartphone juga terdapat balutan kaca seperti bagian depan dengan finger print reader yang berbentuk lonjong. Kita dapat dengan mudah membuka kunci dengan menempelkan sidik jari di bagian belakang smartphone, simple kan?.

Sesuai dengan taglinenya yaitu built for photography, smartphone terbaru dari ASUS ini didukung dengan resolusi 16MP untuk kamera utama dan 8MP untuk kamera depan. Kamera ini dilengkapi dengan sensornya Sony Exmor RSโ„ข IMX298 yang mampu menangkap gambar dan membuatnya menjadi fokus. Kamera smartphone keren ini sudah menggunakan aperture 2.0 yang membuat gambar menjadi cerah. Apalagi dengan adanya software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki banyak fitur fotografi, diantarnya adalah fitur Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, dan Time Lapse.

zenfone-3

zenfone-3

Nah ini yang tidak kalah menarik, ASUS Zenfone 3 sudah mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K. Saya sudah mencobanya dan waw hasil videonya jernih meskipun merekam objek di dalam ruangan. Ini menjadikan ASUS sebagai smartphone termurah di kelasnya yang mampu menghasilkan rekaman video berkualitas 4K.

zenfone-3

Dari segi multi tasking, Zenfone 3 juga sangat mendukung dengan hadirnya RAM yang mumpuni serta dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2GHz. Prosesor 625 ini cukup untuk digunakan oleh para pecinta game online melalui smartphone sambil membuka fitur-fitur smartphone lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, ASUS sudah membuat beberapa jenis varian terbaru dari Zenfone ini yang disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa jenis produk tersebut akan diulas lebih lanjut pada tulisan berikut.

Berbagai Seri ASUS Zenfone 3

Pada perhelatan Zenvolution lalu, ASUS secara resmi merilis berbagai seri Zenfone 3 yang dapat dipilih oleh para pengguna ASUS sesuai dengan kebutuhan dan budget. Zenfone 3 dapat dimiliki oleh berbagai kalangan mulai dari low end, middle hingga para executive. Cukup dengan memilih seri Zenfone 3 mana yang sesuai dengan kebutuhan karena ASUS sudah menyediakan berbagai macam seri dengan keunggulan masing-masing. Berikut adalah berbagai seri ASUS Zenfone 3:

1. Zenfone 3

Ini adalah seri standart dari Zenfone 3 dengan harga terjangkau yang memberikan performa maksimal. Kamera Zenfone 3 yang berkekuatan 16MP untuk kamera belakang dan 8MP untuk kamera depan sudah dilengkapi dengan PixelMaster 3.0 yang membuat hasil gambar serta video bebas blur. Fitur 4x Super Resolution menghasilkan foto yang sangat detail sehingga apabila diperbesar tidak akan terlalu pecah. PixelMaster 3.0 juga menyediakan berbagai mode yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sewaktu technical seminar kemarin, Mas Joko Soemitro dari Public Relation ASUS menjelaskan beberapa fitur favoritnya yang ada di kamera Zenfone 3 yaitu mode Manual yang dapat kita atur layaknya kamera SLR; kemudian mode Children, sebuah mode yang membuat anak kecil mau di foto berkat lagu yang dapat menarik perhatiannya; HDR Pro dan Low Light. Untuk review lebih jelasnya akan saya jelaskan lebih lanjut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Prosesor Zenfone 3 ini dipersenjatai dengan Qualcomm Snapdragon 625 14nm 64-bit yang membuat siapapun dapat menggunakan fitur secara bersamaan. Untuk RAM dan storage Zenfone 3 terdapat perbedaan berdasarkan modelnya. Supaya lebih jelas, akan saya rinci lebih lengkap berikut ini:

  • Zenfone 3 5.2 (5.2 inch FHD 1920×1080) dengan kode ZE520KL memiliki RAM sebesar 3 GB dan storage 32 GB, battery 2600 mAh. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 4.099.000,-
  • Zenfone 3 5.2 (5.2 inch FHD 1920×1080) dengan kode ZE520KL memiliki RAM sebesar 4 GB dan storage 32 GB, battery 2600 mAh. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 4.399.000,-
  • Zenfone 3 5.5 (5.2 inch FHD 1920×1080) dengan kode ZE522KL memiliki RAM sebesar 4 GB dan storage 64 GB, battery 3000 mAh. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 5.099.000,-

Bagi teman-teman yang berminat dengan Zenfone 3 dapat memilih empat warna yang disediakan yaitu Moonlight White, Shimmer Gold, Aqua Blue dan Sapphire Black. Ketiga jenis Zenfone 3 ini sudah tersedia di Indonesia sejak bulan September 2016.

2. Zenfone 3 Deluxe

Bagi pecinta smartphone dengan fitur dan performa kelas atas, Zenfone 3 Deluxe cocok untuk anda. Designnya yang menggunakan chassis unibody aluminium-alloy yang sangat tipis ini merupakan smartphone unibody berbahan metal pertama di dunia dengan invisible antenna design untuk menangkap sinyal terbaik. Smartphone yang didesign dengan konsep elegant ini ternyata serba pertama lho yaitu pertama di dunia dengan Qualcomm Snapdragon 821 yang memiliki kecepatan 2,4 Ghz, sehingga membuat performa semakin kuat. Kemudian pertama di dunia dengan 6GB RAM dan 256GB UFS 2.0 Storage, wow dengan kapasitas penyimpanan sebanyak itu, rasanya saya bisa menyimpan file penting atau melakukan pekerjaan office via smartphone saja. Masih ada lagi yang pertama dari seri Deluxe ini yaitu pertama di dunia dengan kamera PixelMaster 3.0 23MP dan sensor Sony IMX318, kombinasi tersebut mampu menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, bebas blur dan low noise pada hampir di seluruh kondisi pencahayaan.

zenfone-3

Zenfone 3 Deluxe juga memiliki tiga model yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ketiga model tersebut diantaranya adalah:

  • Zenfone 3 Deluxe 5.5 (5.5 inch FHD 1920×1080) dengan kode ZS550KL memiliki RAM sebesar 4 GB dan storage 64 GB, battery 3000mAh, kamera belakang 16MP dan kamera belakang 8MP serta prosesor Qualcomm Snapdragon 625 14nm 64-bit. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 6.099.000,-
  • Zenfone 3 Deluxe 5.7 (5.7 inch FHD AMOLED 1920×1080) dengan kode ZS570KL memiliki RAM sebesar 6 GB dan storage 64 GB, battery 3000mAh, kamera belakang 23MP dan kamera belakang 8MP serta prosesor Qualcomm Snapdragon 820 14nm 64-bit. Seri ini dibandrol dengan harga Rp.9.099.000,-
  • Zenfone 3 Deluxe 5.7 (5.7 inch FHD AMOLED 1920×1080) dengan kode ZS570KL memiliki RAM sebesar 6 GB dan storage 256 GB, battery 3000mAh, kamera belakang 23MP dan kamera belakang 8MP serta prosesor Qualcomm Snapdragon 821 14nm 64-bit. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 11.099.000,-

Berminat dengan Zenfone 3 Deluxe? Nantikan kehadirannya di Indonesia pada Bulan Desember 2016 dengan varian warna Glacier Silver dan Sand Gold.

3. Zenfone 3 Ultra

Bagi penyuka hiburan namun tetap ingin bekerja maksimal dapat memiliki Zenfone 3 Ultra yang didesign bagi siapapun yang menghendaki hiburan tanpa batas. Seri Ultra di design dengan all-metal unibody dan diamond cut yang indah. Kinerja smartphone ini didukung dengan prosesor Octa-core Qualcomm S652 dengan memori 4 GB, baterai 4600 mAh dan Quick Charge 3.0 membuat siapapun dapat terkoneksi dan melakukan aktivitas dalam mobilitas yang cukup tinggi. Kameranya juga oke lho berkat dukungan kamera belakang PixelMaster 3.0 berkekuatan 23MP dan kamera belakang 8MP juga mampu menghasilkan gambar yang jernih. Ukuran layar Zenfone Ultra yang large sebesar 6.8 inch Full HD dan dilengkapi dengan Gorilla Glass 4 memberikan pengalaman hiburan yang menarik apalagi didukung dengan SonicMaster 3.0. O iya, Zenfone 3 Ultra ini menjadi smartphone pertama di dunia dengan prosesor display terdedikasi yang biasa ditemukan pada TV 4K UHD lho.

zenfone-3

4. Zenfone 3 Laser

ASUS mengeluarkan seri Zenfone 3 Laser dengan kode ZC551 KL. Seri laser ini memiliki ukuran layar 5.5 inchi FHD 1920×1080. Prosesornya diperkuat dengan Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4GB dan storage mencapai 32GB. Kamera smartphone ini dapat menangkap gambar secara cepat, stabil dan nyata dengan sensor Sony IMX 214 resolusi 13MP (belakang) dan 5MP (depan). Lensa aperture yang lebarnya f/2.0 disertai color-correction sensor membuat gambar yang dihasilkan menjadi berkualitas. Zenfone 3 Laser akan hadir di Indonesia pada bulan November 2016 dengan pilihan warna Sand Gold dan Glacier Silver.

5. Zenfone 3 Max

Nah, ini adalah salah satu seri Zenfone 3 yang perlu dimiliki khususnya untuk orang dengan mobilitas tinggi yang selalu membutuhkan koneksi serta smartphone dengan daya hidup yang kuat. Smartphone dengan ukuran 5.2 inch dirancang dengan kekuatan baterai 4100 mAh yang membuat smartphone dapat bertahan dengan waktu standby hingga 30 hari lamanya. Dengan memiliki seri Max ini maka kita dapat memiliki waktu bicara lebih lama di telepon, bermain game bahkan menonton film tanpa khawatir kehabisan baterai. Ada yang lebih keren lagi nih, Zenfone 3 Max yang memiliki kapasitas baterai cukup besar dapat berfungsi sebagai powerbank untuk mengisi ulang daya pada perangkat lainnya lho.

zenfone-3

Zenfone 3 Max memiliki dua model yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kedua model tersebut diantaranya adalah:

  • Zenfone 3 Max 5.2 (5.2 inch HD 1280×720) dengan kode ZC520TL memiliki RAM sebesar 2 GB dan storage 16 GB, battery 4100mAh, kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP serta 64-bit Quad Core Processor. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 2.199.000,- dikeluarkan pada bulan Oktober 2016.
  • Zenfone 3 Max 5.2 (5.2 inch HD 1280×720) dengan kode ZC520TL memiliki RAM sebesar 3 GB dan storage 32 GB, battery 4100mAh, kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP serta 64-bit Quad Core Processor. Seri ini dibandrol dengan harga Rp. 2.399.000,- dikeluarkan pada bulan Desember 2016.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keseluruhan seri Zenfone 3 silahkan mengunjungi halaman website ASUS Indonesia, pelajari setiap spesifikasinya, lalu pilih manakah dari keseluruhan seri tersebut yang cocok dengan kebutuhan teman-teman. Yang pasti smartphone ini adalah smartphone keren dari ASUS yang memang dirancang secara luar biasa untuk orang-orang yang juga luar biasa.

ย 




32 Comments

  1. Reply

    hp-nya cocok banget untuk orang-orang yang pengen punya foto kece tapi malas bawa kamera yah Mba Ev, cukup keluarin hp dan cekrek hasilnya udah menyerupai kamera mahal ๐Ÿ™‚

  2. Reply

    zenfone 3 deluxe ahahahaha sama kayak iphone 6s kalau gak salah

    tapi liat di ig, hasil kameranya boleh juga sih di cukup cahaya sama di low-light hehe

  3. Pingback: Terpukau Zenbook 3, Notebook Tipis Performa Terbaik dari ASUS

  4. Pingback: New Zenfone Go Smartphone dengan Harga Terjangkau Berkualitas

  5. Pingback: Hadir di Indonesia: ASUS ZenFone 3 Max, Smartphone plus Powerbank - Evrina Budiastuti

  6. Pingback: Review Smartphone Fotografi: ZenFone 3 ZE552KL

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.