ASUS ZenFone Zoom S, Keren Kameranya, Kuat Baterainya




asus-zenfone-zoom-s

Tidak hanya kamera keren yang dimiliki oleh ASUS ZenFone Zoom S ZE553KL, tetapi juga kekuatan baterainya. Smartphone dual lens ini juga mampu menjadi sebuah power bank. Kombinasi kamera mumpuni dengan kapasitas baterai yang mendukung.

Paling tidak itu yang saya simpulkan ketika mendengar penjelasan mengenai ASUS ZenFone Zoom S pada technical seminar untuk smartphone fotografi dual lens dari ASUS ini. Jauh hari sebelum peluncuran smartphone terbaru dari ASUS, saya sudah mendengar keunggulannya dari beberapa orang teman yang memang sudah menantikan kehadirannya. Rasa penasaran saya terjawab sudah ketika hari itu bisa merasakan sendiri bagaimana kamera ASUS ZenFone Zoom S bekerja sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

ZenFone Zoom S yang disebut sebagai smartphone Built for Photography dengan fitur dual lens ini  memang dibuat khusus untuk para fotografer profesional sebagai perangkat pendukung mobilitas. Meskipun kapasitas baterainya cukup besar yaitu 5000 mAh, tetapi tetap memiliki tampilan fisik yang tipis dan ringan.

Untuk lebih jelasnya, saya uraikan lebih lanjut berdasarkan hasil pengamatan saya saat menggunakan ZenFone Zoom S di Zenfinity 2017.

Baca ini ya: ZenFinity 2017, Amazing Moments

Baca yang ini juga yuk: Menyambut ZenFone Live dan ZenFone Zoom S, 2 Smartphone Terbaru ASUS

asus-zenfone-zoom-s

Pertama, ASUS ZenFone Zoom S Memiliki Design yang Tipis dan Ringan

Sebelum menggunakan smartphone biasanya saya selalu mengamati dulu bagaimana penampilan fisiknya apakah nyaman dalam genggaman, bagaimana beratnya dan bagaimana displaynya. Nah setelah mencoba menggenggam ZenFone Zoom S, saya merasakan kenyamanan di dalam genggaman, tidak berat dan tipis. Tampilan displaynya juga oke, bersih serta nyaman di mata.

ASUS ZenFone Zoom S memang disebut sebagai smartphone tertipis dan paling ringan di dunia dengan ketebalan hanya 7,9 milimeter serta bobot seberat 170 gram saja padahal kapasitas baterainya cukup besar yaitu 5000 mAh.

asus-zenfone-zoom-s

Untuk tampilan layarnya sendiri, smartphone fotografi dual lens ini memiliki display 5,5 inci Full HD dengan panel AMOLED serta kecerahan 500cd/m2 untuk tampilan terbaik saat aktivitas outdoor. Jadi, tampilan layar akan terlihat sangat jernih dan kontras serta color gamut lebih dari 100% cakupan warna NTSC. Layar smartphone juga mendukung blue-light filter yang mencegah kelelahan mata saat melihat layar dalam waktu yang lama. Saya mengaktifkan blue-light filter untuk ZenFone 3 yang saya gunakan saat ini dan itu sangat membantu ketika melihat smartphone baik dalam keadaan penuh cahaya maupun saat kurang cahaya.

asus-zenfone-zoom-s

Bagaimana dengan lapisan pelindung dari ZenFone Zoom S ini? Berdasarkan penjelasan, ternyata ZenFone Zoom S ini merupakan salah satu smartphone pertama yang menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass 5 di bagian cover panelnya. Lapisan tersebut membuat ZenFone Zoom S menjadi 70% lebih kuat saat terjatuh dibandingkan dengan generasi Gorilla Glass sebelumnya.

Sama seperti ZenFone 3 yang saya gunakan saat ini, sensor fingerprint ZenFone Zoom S ditempatkan di bagian belakang smartphone untuk memudahkan dalam membuka kunci secara nyaman.

asus-zenfone-zoom-s

Kedua, Dual Lens Fotografi dengan Kemampuan Zoom Maksimal

Sesuai dengan sebutannya sebagai dual lens fotografi, ZenFone Zoom S memiliki dual camera inovatif. Waktu itu saya sudah mencoba kedua kameranya yang menurut saya memang cocok untuk fotografi dengan menggunakan sebuah smartphone. Berikut adalah hasil percobaan saya di area ZenFinity 2017 dengan menggunakan ASUS ZenFone Zoom S.

Kamera utama dengan aperture f/1.7 serta 25mm wide-angle dipadankan dengan sensor Sony IMX362 resolusi 12MP dan ukuran sensor besar yakni 1.4µm pixel (ukuran sensor 1/2.55”).

Waktu itu saya mencoba kamera utama dengan mode Auto dan menghasilkan gambar cukup tajam, clear tanpa noise. Kalau sedang tidak ingin membawa kamera digital untuk berfoto, ZenFone Zoom S cocok sekali menggantikan fungsinya sebagai perangkat mobile.

asus-zenfone-zoom-s

Kamera utama ZenFone Zoom S

asus-zenfone-zoom-s

Hasil kamera utama ASUS ZenFone Zoom S

Kamera zoom 59mm 12MP dengan dukungan 2,3x optical zoom serta total 12x zoom.

Kamera ini mampu memperbesar objek dari jarak jauh layaknya lensa tele sebanyak 12x zoom. Memang tidak bisa dibandingkan dengan lensa tele pada kamera digital seperti dslr, namun hasilnya cukup membantu apabila kita perlu membidik objek dari jarak jauh seperti halnya secret admirer yang sedang membidik kesayangannya.

asus-zenfone-zoom-s

Zoom hingga 12x

asus-zenfone-zoom-s

Hasil zoom 12x dengan ASUS ZenFone Zoom S

Fotografi Low Light dengan fitur ASUS SuperPixel Camera.

Waktu itu saya membandingkan ZenFone Zoom S dan ZenFone 3 untuk mengambil gambar low light. Hasilnya ZenFone Zoom S lebih menghasilkan gambar yang lebih jelas dalam kondisi minim cahaya. Fitur ASUS SuperPixel Camera memang menawarkan sensitivitas cahaya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan smartphone pada umumnya. Fitur ini membuat kita mampu mengambil foto secara cepat dan jelas pada malam hari atau pada saat kondisi low-light.

asus-zenfone-zoom-s

Hasil gambar dalam kondisi low light, kiri: ZenFone Zoom S, kanan: ZenFone 3

Selfie dengan resolusi tinggi Super Pixel Selfie.

Saya termasuk yang suka sekali dengan selfie atau wefie dan ZenFone Zoom S ini menyediakan fasilitas itu semua. Kamera depan ZenFone Zoom S menggunakan sensor Sony IMX 214 dengan resolusi 13MP dan aperture lensa sebesar f/2.0 yang mampu mengambil foto selfie resolusi tinggi. Dengan teknologi ASUS SuperPixel maka foto selfie atau wefie yang dihasilkan dapat dibuat dua kali lebih terang. Apalagi dengan dukungan fitur terbarunya yaitu mode ‘screen flash’ yang memanfaatkan layar sebagai sumber cahaya pada lingkungan berpencahayaan kurang. Wajah saya saat itu tiba-tiba langsung putih bersinar ketika mengambil foto selfie dengan menggunakan ZenFone Zoom S.

asus-zenfone-zoom-s

In frame: Mbak Caroline Adenan sedang mencoba kamera depan ZenFone Zoom S

asus-zenfone-zoom-s

Wefie bersama mbak Caroline, hasil foto wefie dengan ZenFone Zoom S

Masih banyak mode dan fitur dari dual lens ZenFone Zoom S ini. InsyaaAllah nanti akan saya jabarkan pada tulisan selanjutnya ya supaya lebih detail lagi. Tetapi kalau penasaran, bisa melihatnya di website ASUS.

Ketiga, Kapasitas Baterai Besar dan Mampu Menjadi Sebuah Powerbank

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, walaupun kapasitas baterai ZenFone Zoom S ini cukup besar yaitu sebesar 5000 mAh, namun design dan tampilan fisiknya tetap tipis dan ringan. Baterai ZenFone Zoom S merupakan salah satu yang terbesar untuk smartphone, dan merupakan kapasitas terbesar di dunia, di kelasnya. Nah kapasitas baterai yang besar ini sudah dikombinasikan dengan prosesor 14 nanometer bertenaga namun efisien yaitu Qualcomm Snapdragon 625. Perpaduan tersebut membuat ZenFone Zoom S menembus 6,4 jam pada saat merekam video 4K UHD atau standby time hingga 42 hari tanpa perlu khawatir kehabisan energi.

Selain mampu mempertahankan eksistensinya sendiri, ZenFone Zoom S juga mampu memberikan asupan supply energi ke perangkat lain sebagai powerbank. Smartphone dual lens fotografi ini bersifat Reverse Charging yang dapat membantu perangkat lain memperoleh energi meskipun sedang digunakan.

Wow keren banget ya ZenFone Zoom S ini, itu sebabnya saya kepingin banget memiliki si ZenFone Zoom S untuk menemani hari-hari saya ketika bekerja di lapangan. Teman-teman tertarik juga? Kalau mau tau berapa kisaran harganya, berikut tertera pada foto di bawah ini ya:

Supaya lebih mantab lagi, berikut adalah spesifikasi lebih lengkap dari ZenFone Zoom S:

Model ASUS ZenFone Zoom S ZE553KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 14nm processor, 8x 2.0GHz with FinFET LPP (Low Power Plus) powersaving technology
GPU Adreno™ 506
RAM 4GB RAM
Storage eMCP 64GB + 5GB ASUS WebStorage + 100GB Google Drive (free for 2 years)
MicroSD Supports up to 2TB
Connectivity 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Network FDD-LTE (Bands 1, 3, 5, 8), TD-SCDMA (Band 40), WCDMA (Bands 1, 5, 8), GSM (850, 900, 1800, 1900 MHz), LTE Cat4: UL 50 / DL 150 Mbps (WW/US/BR/IN/ID version), DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
SIM Cards SIM 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card, SIM 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card, Dual SIM dual standby (Only use the Nano SIM card or the MicroSD card at a time). Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 3G WCDMA / 4G LTE service at a time.
Navigation GPS, A-GPS, GLONASS, BDSS
Display 5,5” FHD (1920 by 1080) AMOLED display, 500nits brightness, Corning® Gorilla® Glass 5 for best screen protection, Over 100% NTSC high color gamut display, Bluelight filter for eye care, 10-finger capacitive touch, Fingerprint and smudge-resistant oleophobic coating, Slim bezel (2.08mm), 76.5% screen-to-body ratio
Video 4K video recording (3840 by 2160) at 30fps, 1080p HD video recording at 30fps, 720p HD video recording at 30fps, 3-axis electronic image stabilization, Take still photo while recording video
Battery 5.000mAh (non-removable) + Reverse Charging
Main Camera 12MP, f/1.7 aperture Sony IMX362 sensor (1/2.55″ large sensor size, 1.4µm large pixel size), Focal Length 25mm, 6p lens, 82° field of view, 4-axis, 4 stops Optical Image Stabilization for steady photos, 3-axis Electronic Image Stabilization for shake-free videos, 4K UHD (3840 by 2160) 30 frame per second video recording, Color correction (RGB) sensor for the best white balance and natural-looking colors, Dual-LED real tone flash, ASUS Exclusive TriTech+ Auto Focus system with 0.03s instant focus, ASUS SuperPixel™ Technology for 2.5 times light sensitivity
Zoom Camera 12MP, 12x total zoom, 2.3x optical zoom, Focal length 59mm, 5p lens
Front Camera 13MP, Sony IMX214 sensor (1/3.06″, 1.12um), f/2.0 aperture, Screen flash
Sensor Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor, RGB sensor, IR sensor, Fingerprint
OS Android 6.0 with ASUS ZenUI 3.0, upgradable to Android 7.0 Nougat
Dimension 154.3 x 77 x 7.99mm
Weight 170 gram
Color Navy Black, Glacier Silver

ASUS ZenFone Zoom S memang diciptakan bagi kalangan pecinta fotografi yang membutuhkan perangkat mobile untuk menghasilkan karyanya. Tidak hanya itu, bahkan kalangan awam sekalipun bisa banget menggunakan ZenFone Zoom S ini untuk merekam moment berharga setiap saat. Kini sudah zamannya dual lens fotografi untuk menghasilkan karya dan merekam moment yang luar biasa, seperti halnya ASUS yang memang selalu in search of incredible.




Related Post

38 Comments

  1. rodame

    Reply

    wan keren kali, dikasi 1 gak nolak ini mah ev, mantap ya hasil kameranya, keren.

  2. D

    Reply

    Abis baca ulasannya langsung mupeng punya, tapi apa daya isi dompet tak sampai. Huehuehuehue…

  3. Reply

    Slim banget ya Mbak. Enak dibawa kemana2, apalagi kualitas fotonya bisa bening gt. Makin dikekepin D
    Yang warna navy kwce badayyy

  4. Reply

    5.9? buru-buru liat dompet dan saldo atm haha
    tapi ya spesifikasinya mantep sih mbak, kameranya kece banyak fitur, baterai super gede, hpnya super ringan..haaah, kapan-kapan ya asus kalau ada rejeki tambahan semoga bisa beli ^^

  5. Rizki

    Reply

    Keren banget emang ini smartphone nya, udah pake snapdragon 625 batere nya 5000mAh, kebayang deh kuat berapa hari ini ga perlu ngecas2

  6. Reply

    Smartphone sekarang emang berinovasi. Ketika dulu hanay sebatas untuk komunikasi, sekarang dengan pembaharuan bisa multifungsi. Kayaknya kalau ada acara yang hrus cepat-cepat unggah di sosmed, gadget seperti ini dibutuhkan 😀

  7. Ahmad Niam

    Reply

    Dibuat bingung sama flagship-flagship model sekarang, keren-keren semua ya…. mau beli ini, ehh satu bulan kemudian muncul lagi yang lebih keren. Dah gitu aja sampe lupa kalo udah 1 tahun blom ganti hp… hihihihihi

  8. Reply

    Sejak pertama kali punya henpon Asus, aku langsung jatuh cinta! Qiqiqi… dan makin ke sini Asus makin keren aja. Jadi pengen punya nih henpon keren Asus ini.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.