Transformer 3, Notebook Ultra Portable Keren dari ASUS




transformer-3

ASUS Transformer 3, Notebook ultra portable pertama yang dapat dilipat hingga 360 derajat dari ASUS. Hmm seperti apa ya kecanggihannya?

Belumlah habis keterpukauan saya terhadap Zenbook 3 yang merupakan notebook ultra slim dari ASUS. Eh sudah ada notebook jenis lain yang juga sama kerennya dari ASUS yaitu seri Transformer 3. Layaknya seperti tokoh Transformer yang saya kenal, notebook ini dapat bertransformasi dari notebook hingga menjadi tablet. Wuihhh bagaimana bisa? Bisa banget, karena notebook yang memiliki dua varian ini yaitu Transformer 3 Pro T303 dan Transformer 3 T305 memiliki layar dan keyboard yang dapat dipisahkan. Sehingga notebook ini dapat dikatakan sebagai notebook 2-in-1 yang multifungsi. Sebelum dikupas lebih lanjut, simak tulisan saya terkait Zenvolution dan perangkat dari ASUS lainnya yuk:

Baca: Kemeriahan Rangkaian Acara Zenvolution ASUS Indonesia

Baca: Zenfone 3, Sebuah Smartphone Luar Biasa dari ASUS

Baca: Terpukau Zenbook 3, Notebook Tipis Performa Terbaik dari ASUS

Transformer 3, Notebook 2-in-1 Multifungsi

Transformer 3 dapat berfungsi sebagai tablet dengan dilengkapi stylus ASUS pen. Saya membayangkan, kalau saya memiliki notebook keren yang dilengkapi dengan stylus pen pasti dapat dengan mudah menggambar dimana saja sambil mendesign grafis ala saya. Hal ini karena kedua notebook tersebut dapat dikoneksikan dengan ROG XG Station 2 yang berfungsi sebagai docking station bertenaga untuk mengolah grafis kompleks secara instans. Kemudian jika dipasang dengan Transformer Cover Keyboard yang tipis, notebook berbasis Windows 10 Home ini dapat berfungsi sebagai notebook atau PC desktop hanya dengan menghubungkannya dengan Universal Dock yang berfungsi sebagai port tambahan untuk memasang monitor dan keyboard. Benar-benar multi fungsi banget kan?.

transformer-3

Dari segi design, saya terpukau dengan cover yang terdapat di belakang Transformer 3 yang berfungsi sebagai dudukan untuk menyangga layar. Kalau ingin berfungsi sebagai tablet dapat langsung ditutup saja atau kalau ingin memutarnya juga bisa karena engselnya dapat digeser hingga 155 derajat. Kedua jenis notebook ultra portable ini memiliki lapisan metal premium dan layar sentuh 12,6 inci dengan resolusi 3K atau 2880 x 1920 piksel.

transformer-3

Lalu, apa saja sih perbedaan antara Transformer 3 dengan Transformer 3 Pro? Ada perbedaan yang disesuaikan dengan kebutuhan usernya. Jadi, Transformer 3 Pro itu ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan performa komputasi tinggi. Pada varian ini, prosesor yang dipasang adalah prosesor Intel yang paling kuat yaitu Core-i7 generasi ke-6. Sedangkan karena Transformer 3 ditujukan untuk user yang ingin perangkat bekerja di perjalanan, maka prosesor yang digunakan adalah prosesor Intel Kaby Lake low voltage yang menawarkan masa aktif baterai maksimal.

Nah, untuk mendukung aktivitas mobile penggunanya, Transformer 3 dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13MP dan kamera depan dengan resolusi 5MP. Resolusi kamera ini sudah sangat bagus untuk resolusi kamera notebook lho. Dan yang lebih keren lagi nih, terdapat fingerprint scanner di bagian kiri atas layar. Dengan satu sentuhan saja, user sudah dapat membuka kunci Transformer 3 dalam hitungan satu detik tanpa perlu mengetik password lagi.

Spesifikasi Transformer 3

Tertarik untuk memiliki notebook keren ini? Sama saya juga hehe. Nah, jika teman-teman tertarik, unit Transformer 3 sudah hadir dalam dua pilihan warna yatu Icicle Gold dan Titanium Grey. Sedangkan cover keyboardnya memiliki empat pilihan warna yaitu Stone, Amber, Taupe, dan Charcoal. Kemudian untuk lebih jelasnya, berikut adalah spesifikasi lengkap notebook ultra portable book dari ASUS:

Main Spec. Transformer 3 Pro T303 / Transformer 3 T305
CPU Intel® Core™ i7-6500U Processor (4M Cache, up to 3.10 GHz) /

Intel® Core™ i5-7Y54 Processor (4M Cache, up to 3.20 GHz)

Operating System Windows 10 Home
Memory 8GB DDR3L 1866MHz SDRAM
Storage 512GB SATA3 M.2 SSD / 256GB SATA3 M.2 SSD with TPM (Trusted Platform Module)
Display 12.6″ (3:2) LED backlit WQHD+ (2880×1920) Glare Touchscreen with 85% NTSC with WideView Technology
Graphics Intel® HD Graphics 520 / HD Graphics 615
Input/Output 1x Combo audio jack, 1x USB 3.0 port, 1x HDMI, 1x Thunderbolt (T303)

1x Combo audio jack, 1x USB 3.1 Type-C (T305)

Camera 2MP front IR camera, 13MP rear (T303)

5MP front, 13MP rear (T305)

Connectivity Integrated 802.11ac, Bluetooth V4.1
Audio Built-in Stereo 2 W Speakers And Array Microphone

Support Windows 10 Cortana with Voice

ASUS SonicMaster Premium Technology

Battery 39 Whrs Polymer Battery / 38,5 Whrs Polymer Battery
Dimension 298.8 x 210.1 x 8.35mm / 303 x 202 x 6.9mm
Weight 800g / 695g
Colors Grey, Gold
Accessories Stylus, Keyboard (T303) / 3-in-1 dock, Keyboard (T305)
Warranty 2 tahun garansi global

Transformer 3

Transformer 3

Berdasarkan mottonya In Search of Incredible, ASUS memang ingin memberikan perangkat teknologi yang dapat memudahkan penggunanya dalam aktifitas sehari-hari baik pekerjaan maupun hobi. Salah satu perangkat yang praktis dan multifungsi yang diciptakan ASUS adalah Transformer 3 yang dapat bertransformasi sebagai Notebook ataupun Tablet. Semoga suatu hari nanti saya dapat memiliki perangkat keren dari ASUS ini. Kamu mau juga kan?.

17 Comments

  1. Pingback: ASUS Zenbook Flip UX360UA Notebook Serba Bisa

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.