Cara Membuat E-Paspor dan Visa Waiver

e-paspor

Bulan Januari 2018 kemarin saya kembali membuat paspor baru. Paspor lama saya sebenarnya masih berlaku dua tahun lagi, tetapi karena ada keinginan untuk mengunjungi negeri sakura, akhirnya saya sekalian saja mengganti paspor lama dengan e-paspor.

Saya pikir agak ribet saat membuat e-paspor, ternyata tidak lho. Apalagi sekarang tidak perlu mengantri lama seperti sebelumnya karena sudah ada antrian online. Pemohon e-paspor hanya boleh datang jika memang sudah jadwalnya, kalau datang diluar jadwal tentu tidak akan dilayani.

Oh iya, untuk membuat e-paspor ini menurut info yang saya dapat hanya bisa dilakukan di tiga kota besar saja yaitu Jakarta, Surabaya, dan Makassar (CMIIW ya). Nah, saya kemarin membuatnya di Kantor Imigrasi Jakarta Barat yang letaknya dekat dengan Kota Tua Jakarta sehingga kalau yang naik kereta dari Bogor akan lebih mudah. Tinggal turun di Stasiun Jakarta Kota saja, lalu jalan kaki ke Kantor Imigrai Jakarta Barat.

Oke, tidak usah berlama-lama, berikut adalah cara membuat e-paspor (ditulis pada bulan Februari 2018).

Cara Membuat E-Paspor

  1. Download aplikasi Antrian Paspor Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Play Store secara gratis untuk mendapatkan antrian online. Daftarkan data diri sesuai KTP. Lalu pilih kantor imigrasi yang akan dijadikan tempat membuat e-paspor dan pilih jadwal yang tersedia. e-paspor
  2. Siapkan berkas asli dan fotokopian persyaratan yang harus dibawa. Berkas tersebut adalah e-ktp, kartu keluarga, akta kelahiran, izajah terakhir, dan paspor lama (jika sebelumnya sudah punya paspor). Semuanya difotokopi dalam kertas A4. Oh iya buat jaga-jaga nih, kalau punya kartu pegawai dibawa saja, soalnya teman saya pernah diragukan kalau membuat paspornya untuk jalan-jalan, disangka mau kerja di Jepang sebagai TKW, tetapi setelah diberikan kartu pegawai baru deh orang yang mewawancari percaya kalau e-paspor hanya digunakan untuk kunjungan biasa.
  3. Setelah mendapatkan jadwal, lalu datang ke kantor imigrasi yang dipilih sesuai jadwal, jangan coba-coba datang diluar jadwal ya, nanti tidak akan dilayani. Sewaktu saya ke Kantor Imigrasi Jakarta Barat, nomor antrian saya dicek oleh satpam yang berjaga, lalu saat menyerahkan dokumen persyaratan juga dicek oleh petugas bukti antriannya.
  4. Setelah itu tunggu di dalam antrian sesuai jadwal hingga akhirnya nanti dilayani oleh petugas. Petugas akan memeriksa apakah berkasnya sudah lengkap atau belum. Apabila dinyatakan lengkap maka pemohon akan diberikan formulir yang harus diisi serta nomor antrian untuk wawancara.
  5. Isi formulir yang disediakan dengan tinta hitam (bawa pulpen hitam sendiri ya dari rumah). Jika terjadi kesalahan saat menulis bisa dihapus dengan tipex atau dicoret saja. e-paspor
  6. Apabila nomor kita dipanggil untuk wawancara maka segera dilakukan. Wawancaranya simple kok, saya malah ditanya soal lulusan pertanian yang banyak kerja di bank hehe.
  7. Setelah wawancara, nanti akan mendapatkan bukti pengantar pembayaran. Jumlah biaya yang harus dibayarkan oleh pemohon e-paspor adalah Rp. 655.000,-. Untuk pemohon yang memilih Kantor Imigrasi Jakarta Barat dapat melakukan pembayaran e-paspor di Kantor Pos Kota Tua. Kantor Pos itu buka sampai sore untuk melayani pembayaran e-paspor.
  8. Meskipun di bukti pembayaran dikatakan bahwa e-paspor dapat diambil dalam waktu tiga hari kerja, tetapi kenyataan di lapangnya e-paspor baru bisa diambil setelah 10 hari kerja (itu juga paling cepat). E-paspor saya kemarin dapat diambil setelah 10 hari kerja.
  9. Cara mengambil e-paspor yang sudah selesai adalah cukup mendatangi ruangan pengambilan, lalu menyerahkan bukti pembayaran ke petugas. Nanti petugas akan memanggil nama pemohon. Setelah e-paspor diterima, maka fotokopi e-paspor untuk diserahkan ke petugas. Selesai deh rangkaian membuat e-paspor.

    e-paspor

    Kiri: e-paspor (ada chip di bagian depan), kanan: paspor biasa

Cara Membuat Visa Waiver Jepang

Setelah memiliki e-paspor, terus mau digunakan untuk apa? kalau saya sih mau menggunakan e-paspor untuk ke Jepang, alasannya sih supaya bebas visa saja soalnya pernah ngurus visa ke Korea dan ternyata agak ribet.

Baca ini juga yuk: Menanti Visa Korea Selatan

Untuk membuat visa waiver ternyata sangat mudah sekali, tidak ribet, dan cepat. Untuk membuatnya bisa datang ke Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di jalan MH Tamrin atau ke Japan Visa Application Centre (JVAC). Kalau saya lebih memilih ke Kedubes saja agar tidak dikenakan biaya, sedangkan kalau ke JVAC, pemohon dikenakan sejumlah biaya.

visa-waiver

Kedutaan Besar Jepang

Berikut adalah cara membuat visa waiver Jepang:

  1. Download formulir pemohonan visa waiver Jepang. Formulirnya bisa didownload di sini atau jika memang tidak ingin mendownload, di Kedubes Jepang juga disediakan formulirnya. Print formulir di kertas A4 dan tulis dengan menggunakan tinta hitam.
  2. Berkas yang dibawa untuk pengajuan visa waiver (saat saya mengajukan di bulan Februari 2018) cukup e-paspor dan formulir pemohonan visa waiver saja.
  3. Datang ke Kedubes Jepang yang ada di jalan MH Tamrin Jakarta. Kalau saya berangkat dari Bogor menggunakan kereta, lalu turun di Stasiun Sudirman. Dari sana tinggal jalan kaki saja melewat Bundaran HI lalu lurus ke Kedubes (sekitar 1.2 km dari Stasiun Sudirman).
  4. Saat datang ke Kedubes, petugas akan mengecek barang bawaan dan bertanya tujuan datang ke Kedubes. Nanti kita akan diberikan kartu pengunjung dengan menyerahkan KTP atau SIM (hanya dua identitas ini saja yang diakui). Setelah itu kita akan melewati ruang pemeriksaan x-ray sebelum masuk ke ruang pemohonan visa. visa-waiver
  5. Ambil antrian di tombol A (untuk pemohon visa dari Indonesia), sedangkan tombol B untuk melayani orang Jepangnya (CMIIW). Selama menunggu, dilarang memainkan handphone dan memotret.
  6. Berikan berkas saat nomor antrian kita dipanggil. Nanti petugas akan bertanya apakah dia berbicara dengan pemilik e-paspor. Setelah itu kita akan mendapatkan bukti pengambilan visa waiver yang ternyata bisa diambil keesokan harinya. Cepat banget ya. visa-waiver
  7. Untuk mengambil visa waiver boleh diwakilkan asalkan membawa bukti pengambilan yang diberikan. Pengambilan visa waiver dimulai pukul 13.30 sampai selesai. Visa waiver ini berlaku untuk tiga tahun ke depan sejak visa diterbitkan sehingga pemohon bisa bolak-balik ke Jepang sampai tiga tahun berikutnya.

    visa-waiver-jepang

    Visa waiver Jepang sudah jadi nih

Oh iya baiknya datang ke Kedubes Jepang sebelum pukul 12.00 siang untuk mengajukan visa waiver. Menurut informasi yang saya baca di salah satu tulisan kalau untuk pengajuan visa waiver hanya dilayani sampai jam 12 siang saja di hari kerja. Setelah itu mungkin untuk jadwal pengambilan karena saya diminta datang mulai pukul 13.30 keesokan harinya.

Itulah beberapa tahapan dalam membuat e-paspor dan juga visa waiver Jepang. Sangat mudah sekali tentunya. Tulisan ini hanya sebagai pengingat jika nanti saya hendak mengajukan lagi.           

74 Comments

  1. Pingback: Itinerary Backpackeran ke Jepang dalam Waktu Singkat

  2. Ratna

    Reply

    Mbak Evrina waktu apply visa waiver, pasportnya sudah pernah dipakai atau masih baru? pernah bacadi blog sebelum apply setidaknya pernah ke luar negeri dulu jadi e pasportnya gak kosong, bener gak sih? makasih ya

  3. Gillang

    Reply

    Untuk pembuatan e paspor baru bagi warga yg berdomisili di luar jakarta dan bekerja di luar kota jakarta apakah perlu membawa surat rekomendasi dari tempat kerja mba? Apa cuma perlu bawa ID Card pegawai aja? Makasih banyak

  4. rossy

    Reply

    hi evrina

    untuk pengajuan visa dgn w pasport ga diperlukan dokumen lain spt pas photo/ tiket pswt/ itenerary/dll
    hanya bawa e pasport dan formulir saja?

    thanks buat infonya

  5. Lia

    Reply

    Mbak untuk pengajuan visa waivernya apa bisa di wakilkan oleh keluarga atau teman?

    • Reply

      Untuk pengajuannya harus sendiri, Kalo pas mau ngambil visa waivernya bisa diwakilkan. Kecuali pakai agent travel bisa diwakilkan sepertinya saat pendaftaran

  6. Zakaria

    Reply

    Untuk pembuatan visa waiver perlu laporan rekening koran ga ya, mba? Soalnya pertama kali membuat epassport dan langsung pengen ngajuin ke jepang. Terimakasih

    • Reply

      Tidak usah, simple banget kok sesuai yg say katakan di atas, cuma isi formulir sama bawa epasportnya, itu pas saya daftar di awal tahun ini

  7. liliana

    Reply

    selamat pagi Mba Evrina
    rencana saya mau bikin epassport yang lama passport saya masa berlaku habis pertgl 22 april 2018
    saya sudah daftar melalui online dapat jadwal tgl 24 juli 2018 jam 13 s/d 14.00 wib hari selasa
    saya datang kira-kira berapa jam sebelum registrasi jawdal ya Mba …
    ditunggu infonya ya. terima kasih,liliana

        • Reply

          Visa waiver Kan berlakunya 3 tahun sejak diapprove, seharusnya tidak perlu ke kedutaan lagi sih, waktu itu kalau tidak Salah ingat, menurut petugas bisa bolak balik ke Jepang asal visa waiver masih berlaku

  8. Andre

    Reply

    hello mbak,

    mau tanya kalau pengajuan visa waiver utk anak2, apakah yg bersangkutan harus datang sendiri juga … tidak bisa diwakilkan orang tuanya ?
    saya berencana mengajukan visa waiver untuk saya sendiri, istri dan anak2 … apakah cukup saya saja yang mengajukan ke kedubes jepang nya .. ?

    terima kasih

    • Reply

      Mohon maaf baru membalas, sewaktu saya mendaftar Visa waiver waktu itu tidak bisa diwakilkan karena ditanya apa dengan saya sendiri atau bukan, kecuali lewat agent travel itu bisa diurusin tanpa orangnya datang

      • Andre

        Reply

        Terima kasih atas info nya mbak …. mungkin memang sebaiknya anak2 sy ajak juga .. sekalian sbg pengalaman buat mereka …. by the way, hari Sabtu mereka libur ya … ?

  9. Momon

    Reply

    Mba, kalo e paspor nya masih kosong, dan registrasi visa wiver nya bakalan di kasi gak ya?

  10. Reply

    Saya baru kemarin ngajuin Visa Waiver ke kedutaan Jepang. Hari ini sudah selesai. Memang praktis banget kalau punya e-paspor ini.

    Thanks for sharing guidenya mbak Evrina

  11. Hestyaningrum

    Reply

    Halo mba! kalo semisal kita mau bikin visa waiver ga perlu daftar apa apa terlebih dulu kan ya? berarti langsung dateng gitu? Makasih mba 🙂

  12. Zee

    Reply

    Selamat siang mbak, mau tanya kalo utk pembuatan visa waiver jepang kan hanya 1 hari, jadi kalo bsk kita masukkan, lusa kan sudah jadi. Tapi kalo kita berhalangan dan hari ke 3 nya baru bisa kita ambil, boleh tidak? Terimakasih.

  13. Ratna

    Reply

    Mau tanya kak, apakah ada biaya yang dibayarkan saat membuat visa waiver? Karena kalau pake passpor biasa biasanya kena biaya pembuatan visanya lagi

  14. Adelia Hermawan

    Reply

    hallo mba, mau tanya. kalau lewat kedubes masih bisa kan visa waivernya? terus engga harus appointment dulu ya?

  15. osvaldo

    Reply

    selamat siang

    sy mau tanya ni kak, kalau sudah punya visa waiver jepang apakah kita bebas ke jepang ?
    atau ada persyaratan yg lainnya ???

  16. Pingback: Mendaftar Haji, Salah Satu Cita-Cita Menggapai Ridho Illahi - Agricultural Extension Officer, Blogger, and Dreamer

  17. Dian

    Reply

    Halo mba,
    Mau tanya, kalo pembuatan dan pengambilan visa waiver bisa dalam 1 hari tidak ya?
    Untuk pengambilan yg diwakilkan apakah ada syarat harus satu KK? Ato siapa saja selama bawa bukti pengambilan?
    Terimakasih

    • Reply

      Halo maaf baru membalas, tidak bis ajadi dalam satu hari, baru diambilnya keesokan harinya, waktu itu teman saya minta diambilkan, tidak perlu pakai syarat KK or surat kuasa yang penting bukti pengambilannya dibawa

  18. medina

    Reply

    Halo kak mau tanya ini bakalan ada kemungkinan ditolak ga ya visa nya walaupun pakai e-paspor? Kebetulan aku masi 17 tahun & rencana ke jpg tdk dgn ortu tp mau gambling beli ticket promo sblm apply waiver hehe tlg responnya ya thankyou

    • Reply

      halo maaf baru membalas, kalau sudah ada KTP sendiri sih harusnya tidak apa-apa ya, soalnya waktu apply visa waiver tidak terlalu ditanya sudah bekerja atau gimana gitu, yang penting ada identitas jelas sih, kan e-passpornya lolos kan

  19. stephent

    Reply

    kak, kalau tahun 2019 sekarang kalau ngurus bebas visa / waiver jepang dengan e-paspor masih ke kedubes jepang (Mh.tamrin) atau JVAC (lotte avenue)? atau bisa 2 2 nya?
    Terima kasih.

  20. Dimas

    Reply

    Kak mau tanya. Kan banyak yg di deportasi ya kall pamr visa waiver. Menurut pengalaman mba, di imigrasi jepang banyak ditanya2 gitu ga? Trs paspor lamanya perlu dibawa ga ya mba? Thank you

    • Reply

      Waktu kemarin Di Jepang Gak ditanya2 Banyak, mereka cek Di komputer Aja terus udah jalan, passport Lama Gak ku bawa

  21. Dea

    Reply

    Hai salam kenal.. mau tanya, jadi kalo mau bikin visa waiver ini gak perlu bukti tiket pesawat kan ya???

          • Dea

            Sudah jadi visa waiver saya yayyyy…. Terimakasih infonya
            Sama sekali gak ribet. Cuma perlu e-paspor sama form registrasi (1 lembar).
            Kayaknya kemarin cuma saya yg ngajuin visa waiver. Saya amatin sebelah-sebelah saya semuanya pada bawa banyak dokumen. Dalem hati saya, “wahhh ribet” dan keinget lagi krena dulu pernah kyk mereka, dan bikin repot banyak org.
            Waktu saya nyerahin e-paspor dan form registrasinya juga gak ada pertanyaan apapun, pemohon visa yang lain ditanyain macem2. Bener2 ringkas. Klo ditotal waktu saya di ruang pengajuan visa itu mungkin cuma 5 menitan.
            Tadinya sempet deg2an krena baca beberapa pemohon yg gak lolos visa waivernya dan gak dikasih tau alesannya knapa.

          • Yeaaaay selamat mbak, wah selamat bepergian ke Jepang, duhhh saya kangen Sama Jepang, Masih pingin balik lagi ke sana

  22. Nay

    Reply

    Mba, kalo e-passport nya belum ada visa Korea nya bisa ga? Tp di passport biasa saya yg sebelum nya udh dapet 2x visa Korea..

    • Reply

      Mau ke Korea apa Jepang mbak? Saya waktu apply visa Jepang pakai epassport juga Masih kosong, diapprove kok, kalau ke Korea saya pakai passport biasa waktu itu

  23. Fernando

    Reply

    Beruntung saya dapat link mbak.
    Saya memiliki e paspor dan rencana mau ajukan visa weaver untuk jepang (berangkat Juni). Ngomong2 pas di imigrasi jepangnya lancar gak mbak.
    Saya dapat info sering dipersulit kalau visa weaver. Terima kasih

  24. randra hayu

    Reply

    saat itu mbak masa berlaku paspor lama nya apakah masih lama ? , saya masa berlaku paspor masih 14 bulan tapi kan urus visa jepang susah , rencana mau e paspor aja , kira2 boleh gak ya ?

    • Ferdianto Halim

      Reply

      Mbak mau nanya paspor lama saya expired nya maret 2021 dan setahu saya kalau mau buat e-paspor kan harus 1 tahun dan saya ingin mengurus nya di februari 2020 dan ini gk pas 1 tahun lebih 1 bulan kalau lebih 1 bulan bisa gk di proses karna bulan 3 mau berangkat ke jepang saya ganti untuk dapat visa waiver

      • Reply

        Saya kurang tau, soalnya waktu saya ganti e-passpor kemarin itu gak Ada ditanya harus setahun DLL, cuma ditanya buat apa, udah langsung bisa ganti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.