Tip Melakukan Perjalanan di Malang yang Seru dan Mengasyikkan

evrinasp

Ibarat perhiasan, Malang adalah berliannya kawasan Jawa Timur yang selalu dilirik oleh banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Di masa lalu, Malang bahkan mendapatkan julukan Swiss van Jawa oleh para serdadu Belanda karena memiliki iklim yang mirip dengan kawasan Eropa.

Di masa modern seperti sekarang, warga Eropa (khususnya yang berasal dari Belanda) masih banyak yang datang mengunjungi kota ini. Biasanya mereka menginap di hotel terbaik di Malang sebelum melakukan perjalanan ke beberapa lokasi, seperti Batu atau kawasan Malang Selatan.

Nah, kalau teman-teman ingin melakukan penjelajahan di Malang seperti para Oma dan Opa dari negeri seberang. Lakukanlah beberapa tip perjalanan di bawah ini:

1. Buat Itinerary dengan Jelas

Berdasarkan informasi, Malang memiliki tiga zona kawasan yang luas dan tidak cukup dijelajahi hanya dalam satu hari. Pertama, temna-teman bisa menjelajahi kawasan tengah atau kota untuk melakukan city tour. Di sana ada beberapa situs budaya, museum, hingga landmark seperti alun-alun tugu yang memiliki kolam teratai.

Di kawasan tengah, teman-teman bisa menjelajahi sejumlah surga wisata kuliner. Sedangkan di kawasan selatan, Malang menyimpan wisata alam yang memikat, khususnya area pantai yang jumlahnya ada hingga puluhan. Teman-teman bisa menjelajah di kawasan tersebut sambil kamping bersama dengan sahabat. Terakhir adalah kawasan utara, yaitu kawasan Kota Batu. Di sana terdapat banyak taman bermain dan objek wisata atraktif dengan pemandangan yang sangat instagramable.

Agar liburan berjalan optimal, maka sebelum tiba di Malang, buatlah itinerary dengan jelas. Perjelas juga alokasi waktunya, apakah sehari saja, beberapa hari, atau mungkin seminggu. Dengan mengetahui jumlah hari yang jelas maka kita bisa dengan mudah mengatur perjalanan dan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi.

2. Pilih Akomodasi Sesuai dengan Budget

Setelah membuat itinerary yang baik, pilihlah hotel yang sesuai selera dan sesuai denga kondisi keuangan. Kalau memang budget yang dimiliki cukup banyak dan ingin sedikit merasakan yang namanya staycation, kita bisa memilih hotel bintang 5 di Malang. Di tempat ini, teman-teman bisa menikmati malam dengan lebih nyaman setelah melakukan penjelajahan seharian.

Malang memiliki cukup banyak akomodasi yang lokasinya strategis. Kita bisa memilihnya dengan pertimbangan jarak, fasilitas, atau harganya. Semua bisa didapatkan dengan mudah kalau memesannya sejak lama. Jadi, jangan pesan dadakan ya!

3. Pelajari Transportasi di Malang

Kalau teman-teman ingin melakukan city tour, disarankan untuk menyewa becak di sekitar alun-alun. Para penarik becak di kota ini telah mendapatkan edukasi dari dinas pariwisata setempat untuk mengantar pelancong ke beberapa lokasi menarik seperti Kampung Warna-warni Jodipan atau berbagai museum di Kota Malang.

Kalau ingin melancong sambil merasakan kehidupan warga Malang, silakan menggunakan angkutan umum. Di Malang, angkutan umumnya berwarna biru dan memiliki kode huruf yang merupakan singkatan destinasi atau terminal. Kita bisa melakukan riset jalur dari angkutan umum itu untuk melakukan penjelajahan di dalam kota.

4. Sewa Motor atau Mobil

Meski tempat wisata di Malang cukup banyak dan membentang, tidak semua tempat wisata dapat dijangkau oleh angkutan umum. Sebagian besar tempat wisata di kawasan Batu dan Malang bagian Selatan hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi sehingga kita harus menyewa kendaraan sendiri agar dapat menjangkaunya.

Jika kita melakukan perjalanan sendiri atau berdua, tentunya akan lebih baik apabila menyewa motor. Biaya sewanya dapat dihitung per 12 jam atau 24 jam, dengan tarif kurang dari Rp100 ribu. Atau jika ingin lebih nyaman, kita juga dapat menyewa mobil walaupun harganya sewanya lebih mahal.

5. Jangan Lupa Wisata Kuliner

Kalau di Jawa Barat ada Bandung, Jawa Timur memiliki Malang yang menghadirkan surga wisata kuliner. Saat berada di Kota Bunga ini, kamu bisa melakukan penjelajahan rasa dimulai dari kedai atau restoran legendaris seperti Toko Oen, Bakso President, hingga Rawon Nguling yang disukai oleh para artis ibu kota.

Kalau teman-teman ingin berwisata kuliner tanpa perlu jauh-jauh melangkah, datanglah ke kawasan Jalan Soekarno-Hatta. Di sana ada puluhan restoran yang menyajikan kuliner kreatif dengan rasa nikmat. Di sana, kita dapat berjalan kaki dari ujung ke ujung dan mencoba kuliner mana saja yang menarik perhatian.

Itulah beberapa tip melakukan perjalanan wisata di Malang yang seru dan mengasyikkan. Semoga apa yang tersaji di atas dapat digunakan sebagai referensi ya.

29 Comments

  1. DoniNurdians

    Reply

    Kota malang memang Wuasyik banget mbak,,,saya suka ke daerah musium angkut dan jatim park..
    keren banget !!!

  2. dianeato

    Reply

    jadi pegen balik malang lagi. kangen suasananya 🙂
    kangen jatim park, museum angkut sama BNS. wqwqw

  3. Fanny Fristhika Nila

    Reply

    Sbnrnya aku udh pernah ke malang, tp wkt itu singkat banget waktunya dan musim hujan pula. Jd msh blm puas. Planning thn depan mau ksana lgi mba :). Udah ngincer banget pgn nginep di hotel singhasari, krn di sana ada kamar yg pintu balkonnya lgs connect k kolam renang :D. Enak bgt kan bgun tidur lgs berenang aja hahahaha :D. Anak2 pasti seneng. Cm memang lokasi hotelnya terpencil sih, jd mau ga mau hrs sewa mobil nanti. Ga sabar ih..

    • Reply

      semoga terlaksana ya mbak, akupun kangen kota malang, kangen kulinerannya sama suasananya yang sejuk, dulu seringnya motoran ke malang

  4. Reply

    Aku mupeng bangeeet mba pingin ke Malang, belum pernah nih.. Gak bisa sebentar ya kalo ke sana, tempat wisata yang menariknya banyak banget.. Semoga ada rezeki ke sana bareng keluarga juga.. 😀

  5. Reply

    Wahhh toko oen, rawon nguling… jadi kangen Malang dan suasana sejuk nya .. ? mudah mudahan bisa segera kembali ke malang. Trima kasih sharing nya mba evrina, jadi nostalgia nih.. :”)

  6. Pingback: Traveling Jadi Asik dengan Tas Backpack Divinces

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.