Tips Memenangkan Lomba Blog (ala evrinasp)

lomba-blog

Sebenarnya saya tidak pede untuk menulis tips memenangkan lomba blog, secara menangnya hanya sedikit daripada kalahnya. Tetapi sudah beberapa kali saya menerima sms, pesan melalui inbox, messenger hingga email yang menanyakan bagaimana cara memenangkan lomba blog. Ada juga lho yang bertanya kepada saya ketika bertemu langsung mengenai cara memenangkan lomba blog. Atas dasar itu akhirnya saya memberanikan diri menulis tips ini. Mungkin tipsnya ada yang sama dengan beberapa orang teman lain yang sudah menulis terlebih dahulu. Nanti tinggal dipadu padankan saja dan sesuaikan dengan kebiasaan teman-teman ya.

Menghadapi Lomba Blog Secara Umum

“Evrina kenapa sih suka ikutan lomba blog?” Begitu seseorang bertanya kepada saya. Saya senang mengikuti lomba blog karena sudah pasti tertarik dengan hadiahnya dan menyukai tema yang diangkat. Jadi tidak semua lomba saya ikuti lho karena kita juga perlu memetakan kemampuan agar ketika mengikuti lomba jadi maksimal.

Ketika sedang ingin mengikuti lomba blog maka saya akan melakukan beberapa hal ini:

  1. Mengumpulkan informasi lomba blog yang berlangsung pada bulan tertentu. Misalnya saya ingin mengikuti lomba blog di bulan April, maka carilah lomba blog yang deadlinenya ada pada bulan tersebut hingga bulan mendatang.
  2. Susun informasi lomba berdasarkan tanggal deadline.
  3. Shortir lomba mana saja yang dapat diikuti. Jadi sekali lagi tidak semua lomba akan saya ikuti, saya hanya akan mengikuti yang kira-kira memang saya bisa dan menguasai temanya. Hal ini diperlukan untuk menghemat tenaga serta focus dalam pengerjaan. lomba-blog
  4. Setelah menentukan lomba yang akan diikuti maka tentukan bahan atau materi yang akan kita bahas dan gali ide sebanyak-banyaknya. Ketika ide datang, saya akan segera mencatat di kertas atau note agar tidak lupa. Tuliskan saja kata kuncinya untuk memudahkan pencarian bahan.
  5. Jika lomba yang diikuti merupakan lomba yang bersifat tahunan artinya setiap tahun diadakan kembali, maka pelajari tulisan pemenang sebelumnya untuk mengetahui kriteria atau selera juri.
  6. Sebisa mungkin mengetahui siapa sih juri yang akan menilai. Beberapa lomba blog mencantumkan siapa saja deretan juri yang akan menilai tulisan kita. Jika sudah tau jurinya coba deh berselancar ke tulisan dan aktivitas sang juri supaya mengetahui ke arah mana juri akan menilai.lomba-blog
  7. Mempelajari tulisan peserta lainnya. Sebenarnya saya jarang melakukan hal ini untuk menjaga ide. Tetapi kadang perlu juga lho melihat tulisan peserta lain supaya tidak sama dalam pemberian judul, tidak sama dalam mengangkat cerita dan juga untuk menentukan topik apa sih yang belum diangkat oleh peserta lain. Kadang kalau saya melihat tulisan peserta lain malah jadi pusing dan takut duluan hehe.
  8. Kembangkan tulisan berdasarkan topik yang diangkat apakah tentang review, teknis, opini, soft selling, atau persuasive. Mengenai topic yang diangkat akan saya uraikan lebih lanjut.
  9. Tambahkan infografis, gambar yang unik dan menarik, atau video berdasarkan jenis lomba blog yang diikuti
  10. Publish tulisan berdasarkan keperluan. Misalnya kalau lomba blognya mengharuskan jumlah pengunjung dan komentar terbanyak maka harus publish segera mungkin dan rajin share di sana-sini. Nah kalau lomba blognya tidak mengharuskan pengunjung untuk berkomentar terbanyak, maka saya lebih sering mempublish H-2 atau H-1 dari deadline. Gunanya untuk apa? supaya kalau ada tambahan bisa diedit terlebih dahulu dan untuk menjaga ide sebelum dipublish. Kalau dipublish sejak awal takut nanti idenya dikembangkan lebih baik lagi oleh orang lain *ceritanya ‘gak mau kecolongan gitu.
  11. Setelah publish segera share di seluruh media sosial, lakukan pendaftaran dan cek kembali persyaratan yang harus kita penuhi selama mengikuti lomba. Ingat cek kembali ya jangan sampai ketinggalan.
  12. Lupakan kalau sudah mengikuti lomba tersebut dan beranjak ke lomba blog selanjutnya supaya tidak pusing atau stress kalau nanti ternyata belum rezeki. Tenang, banyak lho lomba blog, jadi setelah membuat artikel, daftar lalu lupakan dan ikutan lagi. Tenang deh jadinya.

Oke, sekarang saya mau uraikan ketentuan mengikuti beberapa kriteria lomba blog. Ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya ikuti ya teman-teman. Pasti teman-teman juga memiliki pengalaman yang berbeda, nanti tinggal dipadu padankan saja dan sekali lagi disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing.

Lomba Blog dan Kriterianya

Untuk memudahkan dalam penulisan, saya sering memetakan beberapa jenis lomba blog berdasarkan tema dan kriteria yang diangkat. Berikut adalah beberapa kriteria lomba blog dan cara menghadapinya versi evrinasp:

1. Lomba Blog Review

Saya paling senang mengikuti jenis lomba blog yang ini karena sebenarnya bahan untuk membuat tulisan sudah disediakan oleh penyelenggara. Kita cukup mengumpulkan bahan dan menuliskannya lagi dalam sudut pandang kita sebagai blogger agar pembaca lebih mudah memahaminya. Dalam menulis review bukan berarti semua harus dimasukkan ke dalam tulisan, tetapi ada beberapa inti materi yang wajib kita cantumkan dalam tulisan dan ditulis kembali dalam bahasa yang lebih mudah.

Cara menuliskannya juga tidak harus melalui kata-kata, kita bisa menggunakan gambar, bantuan infografis atau video untuk memudahkan. Usahakan informasi dapat tersampaikan kepada pembaca namun sederhana dalam penyampaiannya alias tidak “jelimet”. Biasanya saya akan membuat dulu beberapa point mana saja yang akan direview, lalu membuang bagian yang tidak dibutuhkan agar pembaca tidak terbebani banyak informasi.

lomba-blog

Buatkan ringkasan dalam bentuk point agar pembaca mudah memahami

lomba-blog

Tambahkan logo produk untuk memperjelas

Jika lomba blog berbentuk review produk maka kita bisa membeli dulu produknya, rasakan manfaatnya setelah menggunakan sehingga kita bisa menceritakan berdasarkan pengalaman. Kalau lombanya berupa review tempat wisata atau hotel, kita bisa datang langsung ke lokasi atau mencari informasi melalui internet. Nah kalau review yang tidak kita kuasai seperti mereview smartphone bisa bermodalkan referensi yang ada di internet serta video review. Tetapi kalau reviewnya berupa user experience ya harus dicoba dong, kalau tidak punya smartphonenya boleh pinjem punya teman atau tetangga dulu hehe.

Contoh tulisan lomba blog review: Blazer Hitam yang Ku Mau ada di Shopious

2. Lomba Blog Karya Tulis

Ini juga salah satu tipe lomba blog yang saya sukai karena bertemakan karya tulis. Karya tulis di lomba blog itu termasuk karya tulis feature yang tetap mengedepankan kemudahan para pembaca dalam menyerap informasi. Untuk membangun tulisan blog berupa karya tulis maka kita memerlukan data dan fakta yang akurat.

lomba-blog

Cari sumber informasi dari lembaga resmi

Jika yang mengadakan lomba berasal dari kementerian, instansi atau NGO (non-Government Organization), saya lebih senang mencari data melalui website kepemerintahan maupun website lembaga terkait karena datanya lebih akurat. Untuk mendukung data, kita bisa mengcompare terhadap fakta yang tercantum dalam berita. Selanjutnya studi lapangan juga perlu lho apabila memungkinkan. Lalu kawinkan data dari instansi, fakta dalam berita dan studi lapangan yang sudah kita lakukan. Ramu sebaik mungkin bahasa yang akan digunakan. Namanya juga karya tulis, jadi walaupun dalam blog tetap harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar namun tidak terlalu kaku. Ingat ya masih jenis karya tulis feature.

Contoh lomba blog karya tulis: Bahu-Membahu Melestarikan Air dan Lingkungan

3. Lomba Blog Ilmiah Populer

Ini masih sejenis dengan lomba karya tulis tetapi dibuat lebih sederhana lagi. Konten yang kita tuliskan masih ilmiah hanya saja bahasa yang disampaikan lebih umum dan dimengerti oleh semua kalangan. Selain itu, tulisan ilmiah populer dikenal tidak lekang oleh waktu artinya dapat digunakan sebagai referensi dalam jangka waktu yang lama. Sementara karya tulis terbatas waktu lantaran terbentur pada data dan fakta riset yang dihasilkan pada tahun tertentu.

lomba-blog

Mengangkat isu green product dengan pengelolaan 3R

Untuk mengikuti lomba ini biasanya saya akan membaca terlebih dahulu terhadap isu atau trend apa yang sedang hangat berdasarkan tema yang ditentukan. Baru kemudian saya akan mencari materi, data maupun fakta pendukung. Setelah semuanya terkumpul lalu ramu menjadi tulisan ilmiah namun dalam bahasa yang dimengerti oleh khalayak ramai.

Contoh tulisan blog ilmiah popular: Jamu Indonesia Siap Mendunia

4. Lomba Blog Teknologi

Ini sebenarnya saya belum pernah menang kalau berbau teknologi. Tetapi saya hanya mencatat saja supaya teman-teman juga mengetahui khususnya untuk lomba blog smartphone. Ada lomba blog teknologi yang menomor satukan infografis karena memang mereview full teknologi tersebut dan ada juga yang tidak meskipun temanya sama-sama mengangkat teknologi. Jadi harus pintar dan jeli dengan melihat bagaimana tulisan pemenang sebelumnya, siapa penyelenggaranya dan siapa jurinya. Jika lomba blognya menghendaki adanya infografis maka buatlah sekreatif mungkin. Kemudian jika yang dikehendaki adalah user experience ya tak perlu bersusah payah merakit infografis, nanti malah cape sendiri karena tidak tepat sasaran. Sudah pada tau kan yang mana saja lombanya?.

5. Lomba Blog Story Telling

Nah yang ini juga saya jarang menang, malah belum pernah lagi soalnya memang saya tipe blogger yang susah menyentuh hati pembaca dan hati juri hehe. Nah kalau tipe yang story telling terutama bertemakan parenting atau keluarga maka kita perlu menyentuh perasaan juri dan pembaca. Dari judul saja kita sudah harus bisa memikat juri dan pembaca lho. Saya termasuk yang belum bisa dan harus banyak belajar sama Mbak Arin-Murtiyarini yang jago banget mengolah kata dan menyentuh pembaca. Silahkan ubek-ubek blognya asacinta.blogspot.co.id untuk mempelajari bagaimana membuat tulisan yang ringan namun menyentuh hati dewan juri.

6. Lomba Blog Traveling

Nah ini ahlinya teman-teman travel blogger. Di dalam lomba blog bertemakan traveling maka kita harus bisa menggambarkan suatu tempat yang dapat membawa pembaca merasakan ikut melakukan perjalanan. Kekuatan dan keindahan foto perjalanan juga menentukan lho. Untuk lomba blog traveling, saya masih harus banyak belajar lagi terhadap teman-teman travel blogger.

Nah, demikian adalah beberapa tips menghadapi lomba blog versi evrinasp.com. Semoga dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sempat terlontar ketika berkunjung ke blog saya. Saya juga masih banyak belajar kok dan masih sering kalah. Namun, kekalahan justru membuat semangat untuk bangkit kembali. Perlu diingat, kalah atau menang dalam lomba blog itu urusan belakang, yang penting ambil sisi positifnya: kemampuan menulis terasah, dikenal oleh sesame peserta lomba, update blog dan eksis tentunya. Ayo ikutan lomba blog, banyak banget lho lombanya.

Tambahan:

Teman-teman, saya dulu pernah berada di posisi awam lho yang tidak mengerti sama sekali mengenai trik memenangkan lomba blog, dulu saya banyak kalahnya, lalu secara bertahap mempelajari berbagai jenis lomba dan mulai sadar bahwa saya tidak akan berhasil pada lomba-lomba tertentu. Akhirnya saya mulai memfokuskan kira-kira mana lomba yang cocok untuk saya. Dari situ saya bisa mempersiapkan diri untuk menghasilkan karya yang terbaik. Sesungguhnya yang saya nikmati adalah prosesnya, proses menuangkan ide, membuat design, membuat gambar atau akting di video. Ketika sudah menjadi satu tubuh tulisan utuh rasanya lega sekali. Selanjutnya tinggal submit tulisan lomba dan berserah diri. Kalau saya menang berarti effort saya sudah sesuai dengan keinginan juri, kalau kalah berarti memang harus ada yang dipoles. Jangan down kalau kalah lomba, ambil sisi positifnya: kita jadi update blog, dikenal banyak orang dan mengasah kemampuan diri untuk menulis berdasarkan deadline dengan tema yang ditentukan. Percaya deh, nanti ada tiba saatnya bagi kita untuk mendapatkan rezeki, yang penting semangatnya tetap terpelihara. 

Related Post

171 Comments

  1. Desy Yusnita

    Reply

    Makasih info nya Mba Ev. Perlu dicoba nih tipsnya. Tapi aku termasuk org yg ga terlalu interest ikut lomba sih, udah minder duluan hehehehe

  2. Masper

    Reply

    Kebetulan sekali nih mbak, mau imut lomba. Kayaknya bakal berguna nih, buat nanti gimana persiapannya. Huehehe

  3. Reply

    Mirip-mirip di lomba foto, kita perlu tau juga foto seperti apa yang disukai oleh para juri. Dan itu sah-sah saja, karena juri foto dipakai/dibayar di suatu lomba karena subyektivitas dia menilai suatu foto.
    Dan saya ga pernah beruntung di semua lomba foto. makanya sampai sekarang ga pernah ikut2 lomba lagi 😀

  4. Reply

    Makasi mbak evrinaaaa… Pas banget, hampir aja ak bikin artikel yang salah buat tipe lomba story telling… Makasi ya mbak, semoga bisa ak praktekkan dengan baik ilmunya 🙂

    • Reply

      sama2 mbak ema, semoga bermanfaat, ada yang tipe story telling cerita ringan namun memberikan pesan mendala bagi pembaca dan juri

  5. Reply

    Tipsnya keren, mbak.. Beberapa ada yang juga sering saya ikuti. Seperi membaca tulisan peserta lain. Alasannya sih sama dengan sampean, takut ada double konten.

    Sipp.. Keren, mbak. Sukses selalu ya.

    Salam hangat dari Bondowoso..

    • Reply

      sama2 mas abdul, aku pernah ada yang judulnya sama soalnya, beberapa kali gitu jadi aku kadang cek dulu di ggogle udah ada yg pake judulnya belum

  6. Reply

    Aku termasuk yg jarang ikut lomba, soalnya ya itu, kudu riset dulu, biar enak nulisnya. Tapi kalau riset, waktunya ga bisa sehari dua hari kalau mau maksimal.
    Btw, aku baru tahu ada lomba story telling. Biasanya lomba apa yg diminta spt itu? Ga disebutkan story telling kan? Permintaannya seperti apa?

    • Reply

      iya mbak tidak disebutkan, paling aku lihatnya dari juri atau pengalaman teman2 yg sudah ikutan lomba sejenis. atau bisa juga melihat petunjuk teknisnya itu khusus yang disebutkan

  7. Reply

    Makasih mba Ev tipsnya…secara yaa saya belom pernah menang ikut lomba apapun wkwkwkwkwk…

    Tapi saya pejuang tangguh kok mba #gaditanyapadahal 😛

  8. Reply

    Owalah, saya jadi tahu mengapa banyak sekali tulisan GA yang postingnya mepet DL, ternyata biar nggak dicontek dan mungkin supaya nggak banyak yang tahu ttg lomba itu ya mbak Ev. Saya sering baca postingan GA, waktu mau ikutan juga ternyata sudah habis waktunya, hahaha. Tapi nggak semua deng, ada juga beberapa blogger yang posting GA jauh-jauh hari sebelum DL sehingga saya masih bisa mengikuti meskipun ngga pernah menang 🙂

    Tipsnya oke sekali mbak, semoga bisa saya aplikasikan *cieehh aplikasikan

    Dan apabila tulisan ini untuk lomba juga, semoga menang ya mbak Ev 🙂

  9. Reply

    Waaahh akhirnya mba evrina buka rahasia dapur juga. Makasih tips-tipsnya ya mbak, akan aku coba praktekin. Selama ini ngikut lomba cuma lomba yang dipengenin hadiahnya aja, hihi

  10. Endah

    Reply

    wah, terima kasih sekali atas tips-tipsnya mbak. sangat membantu sekali. perlu langsung dicoba ini buat ikut lomba-lomba berikutnya.
    salam kenal juga dari saya 🙂

  11. Pakde Cholik

    Reply

    Cakep tipnya.
    Saya selalu all out dalam menulis artikel untuk lomba. Saya juga mencermati syarat dan ketentuannya agar tak ada yang terlewatkan.
    Saya tak pernah melihat siapa jurinya. Saya juga tak pernah melihat tulisan peserta lain, takut terpengaruh sehingga mempengaruhi gaya tulisan saya.
    Salam hangat dari Surabaya

  12. Reply

    Makasih tipsnya mba, boleh di coba nih klo ada lomba….

    Namun menurut sy yg paling sulit klo ikut lomba, membaca karakter dri masing2 jurinya karena merek punya patokan penilaian sendiri2. Ada slah satu juri sukanya publish lbih awal di banding sudh dkat deadline, walaupun tulisanya lbh lengkap dan bagus….

  13. Reply

    Beruntung sekali aku ini mbak Evrina haha. Abis baca blog temen lagi ngadain GA dan dikasih tips supaya lomba bisa menang. Thanks banget ya :))

  14. Reply

    Wah, bahkan cara memenangkan lomba blog ada teorinya euy. Kayaknya harus meguru ke mbak Evrina ini. Sayangnya kemarin waktu Laskar Gerhana, gak serombongan yak 😀

  15. Reply

    Setelah membaca ini ternyata untuk memenangkan lomba blog juga harus memiliki proses yang cukup panjang juga. Bukan hanya sekedar menulis.

  16. Reply

    Lengkap bener tipsnya
    Tinggal semangat nulisnya nih yang masih kacau balau
    Duuuuh *toyor pala ndiri*

  17. Reply

    Sip, ulasannya sangat membantu sekali, Mbak. Saya garis-bawahi tentang “tak perlu semuanya diikuti demi menghemat fokus dan tenaga.” Kadang deadline lomba blog cuma selisih 1-2 hari dan maunya semua diikuti. Capek sendiri, malah nggak maksimal hasilnya. Mending pilih beberapa saja yang memang menguasai dan insya Allah karena tulisannya maksimal peluang menang pun jadi maksi. Iya nggak sih? Hhehehe.

    Saya sepakat poin ke-12, daftar dan lupakan. Saya tidak pernah mengingat-ingat tanggal pengumuman sebuah lomba blog, apapun hadiahnya. Biasanya tahu dari sosmed atau dikasih tahu sesama peserta lain. Makanya pernah jadi pemenang tapi hadiahnya nggak diterima karena baru tahu kalo menang 6 bulan setelah pengumuman. Padahal hadiahnya hape lho. 🙂

    • Reply

      Wah terus menelusuri gak tuh hadiahnya? Sayang banget lho hp. Lupakan bukan berarti melupakan pengumumannya lho mas eko

  18. desi

    Reply

    kaaakkk.. hebat euy, meski lg sakit, blog mah updet truuusss, kece badaiii 🙂

  19. Roomances Blog

    Reply

    Sayangnya saya bukan pecinta lomba, kadang blog bisa update saja sudah cukup, hahaha #evilLaugh

    • Reply

      Saya senang ngelomba meski ikutnya juga pilih2. Sekaramg juga belum ikutan lagi karena sedang menyelesaikan tugas

  20. fanny fristhika nila

    Reply

    bisa dibilang aku amat sangat jarang ikut lomba mbak :).. Diitung2, baru 2x doang… alhamdulillah menang sih :D.. soalnya kalo mau ikut lomba2 gitu, aku harus tergantung mood :D.. kalo pas baca pengumuman lombanya mood lgs ngerasa bgs dan seperti nyuruh aku utk ikutan, lgs deh ikut :D.. apalagi kalo temanya traveling ato kuliner, wah…itu hobiku banget.. pokoknya tema lomba hrs something yg aku kuasain lah.. paling males kalo udh ikut lomba ttg gadget misalnya, padahal aku sndiri bukan gadget freak.. Nulisnya jd ga enak, kyk bukan dari hati ;p ..

    dari 2 lomba yg aku ikutin, itu dulu temanya ttg traveling, dan based on experience. jd enak gitu nulis ceritanya.. krn semua pernah aku alamin lgs 🙂

  21. Reply

    tipsnya menyemangati..
    aku ikut lomba kalau teman yang ngadain, atau kalau temanya kira2 bisa aja.., lumayang buat ngisi blog….
    belum pernah nyoba ikut GA yg gede2

  22. Reply

    Keren nih tulisannya…
    Kalau baca yang satu ini,,, kayaknya udah cocok jadi narasumber yah… hehehe
    Emang bener yah,,, practice ake perpect, harus serig diasah kemampuan menulis kita..
    Kalau saya masih mudd- mudd-an.. belum bisa konsisten..
    Sok atuh mari berkunjung ke blog saya // ^___^

  23. Reply

    Aih, keren banget ini tipsnya mbak Ev. Apalagi yang ngasih tips udah sering banget nongol di daftar pemenang lomba blog 😀 Cocoklah..hihihi

  24. Reply

    tipsnya keren Mba Ev *jempol*
    belum pernah sekalipun menang kalo ikutan lomba blog (kalo GA sih sempat beberapa kali menang walo bukan juara 1)..
    pasti bahagia banget yah bisa memenangkan lomba blog seperti yang sering dirasakan Mba Ev 🙂

  25. eda

    Reply

    mba ev keren! aku gak bisa bikin infografis mba.. meski ada canva, tapi masih belum niat pakai infografis di blog 😀

  26. Inna Riana

    Reply

    ikut lomba blog sesuai kemampuan… nah itu, sayah mah nggak mampu ikutan lomba blog wkwkkw

    keren tipsnya, ev.

    terus semangat n semoga terus menang yaaa ^_^

  27. Reply

    Waw tipsnya sangat bermanfaat dan berguna sekali nih mbak buat saya yang lagi belajar ngeblog, biar tambah semangat saja mbak ngeblognya, makasih ya mbak tipsnya 🙂

  28. Reply

    Tips sangat bermanfaat mbak

    Ane suka tuh point terakhir.mengenai travel blogger..pernah ikut tapi juga gak pernah menang2 😀

  29. Reply

    Nah pas udah submit, biasanya mba gmn nih ekspektasinya? Yakin menang, bersiap yg terburuk atau pura2 lupain tp sebenernya masih suka inget2?

    Terus pernah kalah nggak?
    Kalau pernah, saran apa yg bs mba kasih gimana kita mesti bersikap?

    Makasihhhhh :*

    • Reply

      halo mbak elisa, lah saya malah banyak kalahnya daripada menangnya, dulu waktu awal2 ikutan lomba blog selalu ngarep menang, hasilnya malah jadi down, sekarang kalo ikutan lomba blog udah lupakan aja dan cari lomba lainnya jadi gak terlalu down kalo kalah

  30. Helena

    Reply

    Terima kasih tipsnya yang banyak dan bermanfaat mbak. Nambah 1 tips, rajin ikut lomba dan PD aja. Kalau ikut kan ada kemungkinan menang. Kalau takut duluan, ga mungkin menang.

  31. Reply

    TFS mba. Awalnya saya PD aja, ikut2an lomba, gak tahu bagaimana mekanismenya, yg penting ikut. Hasilnya belum pernah menang. Skrg milih menyepi dulu. Tulisan ini bs jadi penyemangat.

    • Reply

      jangan pernah menyerah ya mbak, pokoknya terus usaha, nanti pasti ada masa nya mbak, aku juga sama kok butuh proses

  32. Reply

    Makasi Kak Ev,m berguru dengan Kak Ev, selalu senang ngubek-ngubek blognya, asyik merasa nyaman dan ikut berpetualang. Juga banyak bgt yang bisa didapat di blognya yg keren. Makasi tipsnya semoga jd penyemangat ikut lomba blog lagi.

  33. Rosanna Simanjuntak

    Reply

    Belum pernah dilirik juri dari lomba blog.
    Masih harus banyak belajar, Cint…

  34. dyandra

    Reply

    keren banget ilmunya mbak, saya perlu belajar banyak nih biar bisa juara terus kaya mba evrina (tp ga mungkin bisa nyaingin 😀 )

  35. fajar rois

    Reply

    bisa dicoba ni mbak ev tips nya…:)
    baru “ngeh” kalau mbak ev menang lomba banyak betul dari tahun ke tahun 😀

  36. Pingback: EVRINA BUDIASTUTI : PNS DAN BLOGGER YANG HOBI NAIK GUNUNG – DiajengWitri

  37. Reply

    Mksh tipsnya ya mbk Evrina. Yang poin tambahan itu yg favorit saya. Sepakat bgt deh mbk. Saya nekat ikut lomba sekalipun msh awam jg dlm rangka mengasah kemampuan menulis. Dgn ikutan, kita makin termotivasi untuk belajar, belajar dan belajar. Slm kenal dr saya ya… Saya juga jebolan dari Fakultas Pertanian lho… 🙂

    • Reply

      halo mbak isnaini, salam kenal, senang banget ketemu teman seperjuangan, iya mbak jangan patah arang kalau kalah, saya sudah banyak kalah tapi belum kapok juga hihi

  38. Pingback: Rekapan #BPTalk Tip Memenangkan Lomba Blog - Evrina Budiastuti

  39. harahope | harahope.com

    Reply

    Mantap, Ev. Poin nomor 3 hal yang sering luput kuperhatiin tuh. Padahal penting banget buat ambil ancang-ancang 🙂

  40. Pingback: Cara Dapat Uang dari Blog yang Paling Mudah Dilakukan - Dirga

  41. NIsa

    Reply

    Saya jarang sekali menang lomba. tapi saya nggak akan menyerah!! Semangat!
    Thanks tipsnya ya, Mbak.
    Love love love! : )

  42. Uci

    Reply

    Organik terdampar di sini mba Ev 🙂 jadi aku mau nyoba yg nomor satu nih mba, moga berhasil yaa hihiii. Baru sekali di blognya mba lia itu dpt pulsa, seneng, ngga lihat hadiahnya tapi kepilihnya itu yg bikin bahagia yaa mba. Eh tapi hadiah juga sih hihii

  43. Reply

    Saya sering ikut lomba blog, baik menulis maupun SEO dan belum pernah menang. Saat ini pun saya sedang menunggu hasil dari 2 artikel saya yang sedang di lombakan. Semoga saja menang 😀

  44. Rom

    Reply

    Halo, mbak evrina..terima kasih atas tips-tipsnya. Mbak, saya mau bertanya, dalam mengikuti lomba blog biasanya fitur-fitur yang ada di blog apakah berperan sama dengan isi konten tulisannya?

    • Reply

      Fitur2 seperti foto atau design grafis kah? Tidak semua lomba menghendaki isi blog yg ribet, namun ada juga yg menghendaki adanya kreatifitas sesuai dengan syarat dan ketentuan yg disebutkan

  45. Reply

    Mbak saya tuh pengen rajin ikut lomba blog masalahnya saya gatau info kalau ada lomba blog darimana tahunya mba. biasanya mbak tahu info lomba dari mana??

  46. Sandi Iswahyudi

    Reply

    makasih mbak tipsnya, insya Allah siap untuk mengikuti lombaaaa…. sukses terus mbak

  47. iqbal ramdhani

    Reply

    tapi mba kalo di publish deket deadline ntar takut ada yang sama dan publish duluan, ntar kitanya dikira copas sama juri

    • Reply

      Publish H-1 paling telat, aku jarang banget publish pas hari H, sekarang malah H-3 udah sering ku publish. Aku biasanya cek dulu di google ada yg judulnya sama kaya aku apa enggak, terus lihat isinya sama atau tidak

  48. Made

    Reply

    Ayo ikutan lomba dari BI sekarang mbak hehe.

    Oh ya mau nanya, kalau lihat info lomba blog dimana ya mba?

      • MADE

        Reply

        Saya sih belum pernah ikut lomba blog, seringnya ikutan lomba foto sih hehe.

        Tp kalau di lomba foto kan enak, ada akun instagram khusus info lomba foto, kalau lomba blog gitu ada ngga ya kira-kira. hehe

  49. maschun

    Reply

    Ulasan yang menarik punya, jadi tau penyebab ane ngga menang2 mengikuti lomba blog.

  50. Reply

    Mba baiknya kalo mengikuti lomba review produk atau tempat pakai sudut pandang ke berapa? Soalnya saya tipe blogger yg jarang pakai sudut pandang aku, kebanyakan blogger yg ikut lomba sering bikin review dg ungkapan saya,,

    • Reply

      Kalau pengalaman pribadi baiknya pakai orang pertama alias Kita sendiri, kalau mau pakai sudut pandang orang kedua or ketiga berarti harus tanya2 informasi dari mereka

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.