Fruitaholic, Lengkapi Nutrisi Ramadhan Mu

fruitaholic

Halo Fruitaholic, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalau Sunpride mengadakan acara, sebaiknya ikutan deh. Karena acara yang berlangsung pasti seru dan buah-buahannya itu lho keluar semua dari gudang. Hmmm puas banget deh. Dan ini adalah cerita ketika kemarin saya bersama dengan fruitaholic lainnya yang terdiri dari rekan media serta Kompasiana ketika menghadiri acara bertajuk Lengkapi Nutrisimu Sepanjang Ramadan bersama Sunpride. Tapi sebelum itu, saya mau kasih tau nih beberapa tulisan saya terkait dengan buah-buahan Sunpride:

Baca: 7 Alasan Cinta Buah Lokal

Baca: My 7 Days Fruit Diary Buah Lokal Pemberi Semangat

Baca: Terimakasih Sunpride

Baca: Fruit Summit 2015

Baca: Keseruan Piknik Fruitaholic Sunpride di Bogor

Fruitaholic yang Datang Kepagian

Acara bersama Sunpride kali ini berlangsung di Arion Swiss Belhotel di Kemang Jakarta Selatan. Saya pikir lokasinya agak jauh dari Bogor, jadi saya berangkat selepas melaksanakan shalat zhuhur. Tapi ternyata saya malah datang kepagian lho. Untung ada temannya si Nanas Honi yang unyu-unyu. Dia menemani saya dari Bojonggede hingga tiba di lokasi.

Datang terlalu awal tidak rugi juga lho sob, soalnya saya jadi puas bereksplorasi a.k.a foto-foto di booth yang disediakan oleh Sunpride. Coba deh kalau saya datangnya pas pengunjung sudah ramai, pasti ngantri untuk bernarsis ria. Sayangnya, saya lupa membawa tongsis, untung ada Mas Dedi, Mas Adi dan mas-mas lain yang mau bantuin saya untuk mengambil foto, makasih banyak ya.

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

Buah-buahan Sunpride sudah berjejer rapih di rak, lemari, meja bahkan di depan panggung. Seperti yang sudah-sudah, ini buah-buahan pasti boleh dibawa pulang. Itu sebabnya penting banget memberikan tanda kira-kira buah mana saja yang harus diselamatkan duluan. Karena nanti pasti riweuh, semuanya ingin memiliki kesegaran buah-buahan Sunpride.

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

Tak berapa lama, para tamu undangan yang terdiri dari rekan media, Kompasiana, blogger dan fruitaholic mulai berdatangan menempati tempat duduk masing-masing. Ada yang selfi, wefie atau melihat-lihat seluruh ruangan. Nah ternyata di dekat booth ada tempat khusus untuk memeriksakan gula darah secara gratis dari Mayapada Hospital lho. Seumur hidup saya belum pernah mengecek darah sendiri, kini saatnya untuk berani. Hasilnya, Alhamdulillah gula darah normal, dan payung gratispun berhasil dibawa pulang. Horeeee.

fruitaholic

Di meja tempat duduk sudah tersedia beberapa buah-buahan Sunpride beserta aneka leaflet. Tanpa menunggu komando, kami langsung menyelamatkan itu buah ke tas masing-masing. Tapi ternyata, menurut MC kondang markondang Yozh Aditya, buah yang ada di meja itu nantinya digunakan untuk lomba parsel. Ya sudah nasib sudah menjadi bubur, dikeluarkan saja lagi nanti buahnya, yang sudah masuk tas biarkan saja *hehe maunya. Acara segera dimulai, mari kita simak Talk Show Lengkapi Nutrisi Ramadan Bersama Sunpride.

fruitaholic

Fruitaholic, Semua yang Kamu Perlu Ketahui dari Sunpride

Acara pertama dibuka dengan sambutan dari Ibu Luthfiany Azmawie selaku Manager Marketing dan Komunikasi PT Sewu Segar Nusantara yang menaungi Sunpride. Ibu Luthfi mengatakan bahwa Beliau senang sekali melihat antusias para fruitaholic yang datang ke acara ini dari berbagai lokasi. Tak hanya di Jakarta saja lho, banyak teman-teman lain berdatangan dari Tangerang, Bekasi, Ciputat, Depok bahkan Bogor seperti saya ini *uhuk.

fruitaholic

Sesi talk show dimulai dengan pemaparan dari Ibu Sri Astuti H bagian Quality Assurance (kalau saya tidak salah ingat) dan Bapak Rohman Asmara dari bagian engineering yang keduanya sama-sama berperan dalam menjaga mutu buah-buahan Sunpride dari sejak ditanam hingga ke tangan konsumen.

Ibu Sri kemudian bertanya, apa yang ada di benak teman-teman ketika mendengar kata Sunpride? Saat itu audience serempak menjawab: PISANG. Itu wajar saja karena dulu awalnya Sunpride memang bergerak pada produksi pisang Cavendish. Nah sekarang buah-buahan lokal Sunpride sudah banyak lho, ada melon, pepaya, jeruk baby, nanas dan lain-lain yang semuanya asli Indonesia karena ditanam langsung oleh para petani kita di Indonesia.

fruitaholic

Beliau kemudian menjelaskan beberapa alasan mengapa konsumen sebaiknya memilih Sunpride untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh:

  1. Di tanam di kebun sister company dan partnership yang mendapatkan pengawasan penuh
  2. Panen sepanjang tahun tanpa tergantung musim karena telah memiliki pengaturan pola tanam
  3. Memiliki standar penanaman dan proses pasca panen
  4. Kualitas terjaga dari lapangan hingga ke tangan konsumen
  5. Tidak ada rekayasan genetika, karena bagaimana mau merekayasa di kebun seluas 2200 ha sob?
  6. Setiap enam bulan sekali dilakukan pengujian bebas pestisida, logam berat dan formalin di Sucofindo untuk menjamin keamanan pangan

Sesi Ibu Sri sudah selesai, sekarang kita simak pemaparan dari Bapak Rohman Asmara dari bagian engineering. Tugas bagian engineering juga sama yaitu menjaga kualitas buah dari lapangan hingga ke tangan konsumen. Tetapi lebih spesifik lagi yaitu mengatur kondisi lingkungan untuk buah-buahan Sunpride seperti mengatur kelembaban, temperature dan oksigen. Bapak Rohman memastikan bahwa Sunpride TIDAK menggunakan bahan pengawet karena memiliki packing house yang dapat menjaga kesegaran buah-buahan. Engineering sangat ketat dalam melakukan pengawasan terutama dalam menjaga power supply terhadap suhu. Hal itu dikarenakan buah bersifat irreversible alias tidak dapat kembali seperti sedia kala, so kondisi lingkungan selama dalam penyimpanan tetap harus terjaga.

fruitaholic

Saya paham terhadap semua yang dijelaskan oleh Bapak Rohman karena selama 3.5 tahun berkecimpung pada bagian Quality Assurance benih yang juga harus menjaga kualitas sejak panen sampai menjadi produk. Ketatnya packing house hingga penyimpanan pun saya memahaminya karena perusahaan ingin memberikan yang terbaik. Dulu, saya pernah beberapa kali melakukan pengecekan di cold storage dengan suhu sekitar 5 derajat celcius. Gunanya untuk apa? untuk menekan oksidasi benih atau buah sehingga proses penuaan menjadi lambat. So, bagi yang masih ragu kalau Sunpride menggunakan pengawet atau tidak sudah terjawab ya, jawabannya tentu saja TIDAK.

Sebelum ke sesi pengaturan gizi selama Ramadan, kita masuk ke sesi Tanya jawab dulu. Ada dua pertanyaan yang saya garis bawahi yaitu mengenai apakah Sunpride tidak menggunakan pestisida? Kemarin ada yang salah tangkap nih, jadi Sunpride masih menggunakan pestisida dengan ambang batas artinya masih sesuai dengan prinsip PHT yang menggunakan pestisida jika memang sudah terlihat adanya kerugian ekonomi seperti yang dilaksanakan oleh para petani pada umumnya. Yang berbeda adalah produk Sunpride BEBAS RESIDU pestisida, hal ini sesuai dengan hasil pengecekan berkala melalui laboratorium Sucofindo.

Sepemahaman saya selaku petugas lapangan yang sering bertemu dengan petani dan juga setelah berbincang dengan petugas organisme pengganggu tanaman, pestisida akan hilang setelah dua minggu aplikasi. Umumnya, para petani yang memang terpaksa menggunakan pestisida akan melakukan aplikasi terakhir paling maksimal dua minggu sebelum panen. Tetapi tetap diperhatikan juga prinsip penggunaannya yaitu menggunakan pestisida jika memang sudah melebihi ambang batas ekonomi yang mengancam produksi.

Mengenai pengetahuan pestisida, teman-teman bisa membacanya di tulisan saya berikut ini:

Baca: Penggunaan Pestisida

Baca: Mengenal Konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT)

Bagi yang masih bimbang, ini mungkin penjelasan yang dapat meyakinkan dari Ibu Luthfi bahwa Sunpride sudah menerapkan Good Agricultural Practices (GAP) pada praktek budidayanya. Tau tidak GAP itu apa? yaitu sistem budidaya pertanian yang baik yang memperhatikan segala input dan outputnya. Umumnya selaras dengan prinsip sustainability yang memang wajib dimiliki oleh produk-produk yang ingin bersaing di perdagangan bebas. And you know what? Memiliki sertifikat GAP itu susah lho pemirsa karena harus mendaftarkan kebunnya apakah layak atau tidak, bagaimana SOP nya mulai dari lapangan hingga pasca panen serta efeknya terhadap lingkungan.

fruitaholic

Sebagai gambaran, saya sudah menulis tentang GAP tetapi untuk produk florikultur atau bunga-buangan, namun pada prinsipnya sama saja. Berikut ulasannya:

Baca: Good Agricultural Practices (GAP) Florikultur

Fruitaholic, Lengkapi Nutrisi Ramadhan Mu Yuk

Setelah sesi dari Sunpride selesai, sekarang kita masuk ke bagian nutrisi yang dibawakan oleh dr. Pauline Endang. Ibu dokter mengatakan bahwa manfaat puasa itu cukup banyak yaitu menstabilkan gula darah, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan menurunkan hipertensi.

fruitaholic

Ada beberapa catatan yang saya tangkap dari pemaparan dr. Pauline yaitu:

  1. Supaya gula darah tidak naik maka konsumsi buah dalam bentuk potong bukan dalam bentuk yang dihaluskan atau di jus
  2. Makanan instant tidak dianjurkan karena penyerapannya cepat sehingga gula darah cepat habis terserap
  3. Karbohidrat itu ada dua yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Nah, yang harus dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks
  4. Karbohidrat tetap penting untuk dikonsumsi karena memberikan nutrisi utama untuk sel otak, sel darah dan sel syaraf
  5. Ini adalah beberapa pilihan buah pada saat menjalankan ibadah puasa

fruitaholic

Bagaimana? Sudah ada gambaran kan? Tetap semangat berpuasa ya meskipun tinggal beberapa hari lagi. Tetapi saya malah sedih lho karena Ramadan akan segera berakhir. Semoga kita dapat bertemu dengan Ramadan pad atahun-tahun berikutnya ya. aamiin.

Menjelang waktu berbuka, kita mendengarkan kultum dulu dari Ustadz yang saya lupa namanya siapa hehe. Jadi ternyata buah pisang itu ada di dalam Al-Quran lho yaitu di dalam surat Al Waqiah yang menerangkan keutamaan buah pisang. Buah pisang sebenarnya adalah salah satu buah yang akan dihadiahkan bagi para penghuni surge. Tetapi Allah swt sudah menghadiahkan buah pisang bagi penduduk bumi untuk merasakan keberkahannya.

fruitaholic

Alhamdulillah waktu berbuka sudah tiba, kami berbuka bersama dengan menikmati potongan buah-buahan Sunpride yang nikmat dilanjutkan dengan shalat dan menikmati santap malam.

Games Seru Bersama Fruitaholic

Menjelang pukul tujuh malam, diadakan lomba merangkai parsel buah. Properti termasuk buah-buahan sudah disediakan oleh panitia. Juara ditentukan berdasarkan kecepatan merangkai, kerapihan serta estetikanya. Setelah bersaing dengan beberapa kelompok lainnya, akhirnya kelompok saya yang terdiri dari Mas Agung, Mbak Ety, Mbak Andini, Mbak Dina dan Mas Jun menjadi salah satu kelompok yang memenangkan perlombaan tersebut. Hasilnya, satu buah paket buah serta voucher dari Rejuve menjadi milik kami. Horreeee.

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

Sebelum penutupan, diumumkan para pemenang live tweet dan live instagram, selamat ya untuk para pemenang, asik banget nih dapet paket buah lagi. Makin banyak aja deh yang dibawa.

Dan akhirnya acarapun selesai dengan kehebohan dari seluruh peserta yang memperebutkan buah di setiap sudut. Saya berhasil membawa Nanas Honi, Golden Melon dan Rock Melon yang berat banget serta beberapa buah apel serta Guava Crystal. Sayapun merasa surprise kembali karena masing-masing meja diberikan satu box pisang Cavendish. Ya ampun, ini bagaimana membawa pulangnya ya?. setelah dibagi rata dan semua tenang kembali, kamipun melakukan sesi foto bersama.

fruitaholic

fruitaholic

fruitaholic

Senang banget deh menjadi bagian acara hari itu, saya tidak menyesal walapun harus pulang malam membawa bawaan berat sampai harus dipijit keesokan harinya hehe. Apalagi bisa berbagi buah dengan abang gojek yang waktu itu nganterin pulang ke stasiun. Alhamdulillah semua senang. Makanya kalau Sunpride mengadakan acara mending ikutan deh hihi. Sampai jumpa pada acara berikutnya ya Fruitaholic.

O iya, acara Nangkring bersama Sunpride hari ini ada lombanya lho yang memperebutkan dua tiket ke Lampung untuk mengunjungi kebun Sunpride. So, stay tuned ya untuk info lebih lanjut di websitenya Sunpride (insyaa Allah akan saya update jika sudah ada infonya ya).

fruitaholic

ย 

 

12 Comments

  1. Armita Fibriyanti

    Reply

    Seru banget kayaknya Kak, sampai datang kepagian gitu. Tapi puas ya bisa eksplor ke sana ke mari. Salam buat si Nanas Honi ๐Ÿ˜‰

  2. Reply

    ini yg perginya ditemeni nanas itu ya mbk ev,
    kece ya acaranya sunpride, lbh kece lgi buah2nya, kebunnya jg sih, gk bergantung sm musim, cucokkk…
    ditunggu info lombanya ya mbk ev

  3. Reply

    Saking semangatnya sampai datang kepagian ehehe

    Ya Allah foto2 buah sunpride nya sueeeegeerrrr tenan rek.

    Ngiler…
    dapet gudibek buah…mau banget,,,

    Keren nih SUNPRIDE…

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.